Mengenal Buah Jerpaya, Persilangan Jeruk dan Pepaya

Ilustrasi jerpaya. (Istimewa)

Editor: M Kautsar - Selasa, 24 Mei 2022 | 18:15 WIB

Sariagri - Buah jerpaya merupakan buah hasil dari kombinasi jeruk dan pepaya, maka itu buah ini diberi nama jerpaya. Jika kamu melihat buah satu ini, bentuk buahnya terlihat unik. 

Melihat dari bentuknya, jerpaya mirip seperti buah pepaya. Namun, kulitnya berwarna kuning seperti umumnya jeruk, dan buahnya memiliki biji yang sama seperti jeruk. Saat dimakan, rasanya juga seperti jeruk.

Jerpaya sebenarnya jenis golongan jeruk yang masuk dalam keluarga Citrun medica L. Bedanya, jeruk ini dengan jeruk lainnya adalah kulitnya. 

Jeruk ini memiliki kulit berdaging sangat tebal, seperti daging buah pepaya. Itu sebabnya jeruk ini berukuran besar. Bila kulit luar yang tipis dikupas, dagingnya terlihat putih padat seperti buah pepaya yang masih muda.

Tinggi tanaman jerpaya maksimal sekitar 150 cm, sedangkan buahnya memiliki berat rata-rata 5 hingga 6 kg. Selain bentuknya yang unik, ternyata hampir semua bagian dari tanaman ini memiliki khasiat yang tidak terduga.

Bagian tanaman jerpaya sering dijadikan obat dari tanaman ini yaitu daunnya, daun jerpaya sebenarnya dapat dimakan secara langsung dan rasanya seperti menthol. Apabila kita sedang menderita sakit tenggorokan, batuk, asma, paru-paru maka sangat baik untuk mengkonsumsi daun dari tanaman jerpaya ini.

Untuk menyajikannya kamu bisa meremas atau mengiris kecil daun dari tanaman ini kemudian dimasukkan dalam air panas satu gelas seperti menyeduh teh. Minuman dari daun jerpaya sangat nikmat seperti sirup jeruk dan baik diminum ketika masih panas, maka jadilah minuman yang sehat dan menyegarkan.

Baca Juga: Mengenal Buah Jerpaya, Persilangan Jeruk dan Pepaya
Tumpang Sari Jeruk dengan Krokot Hasilkan Keuntungan Petani dan Lingkungan

Selain itu, kulit dari buah jerpaya juga bisa dimanfaatkan sebagai manisan yang menyegarkan dan berkhasiat sebagai obat panas dalam dan sariawan. 

Sedangkan, buahnya ketika matang dan dipotong-potong kecil seakan-akan rasa jerpaya memiliki 13 rasa yang berbeda-beda. Diantara rasa tersebut yaitu seperti bercampurnya rasa apel, rasa mangga, rasa melon, rasa jambu, rasa bengkoang dan masih banyak lagi.

Video Terkait