Cara Merawat Bunga Edelweis Kering yang Indah dan Cantik Jelita

Ilustrasi bunga edelweis kering (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 25 Mei 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Bagi kamu yang memiliki hobi naik gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan bunga edelweis kering. Bunga cantik ini memang banyak ditemukan di pegunungan atau dataran dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter dpl.

Konon, berdasarkan cerita dahulu kala, arti bunga edelweis kering melambangkan cinta yang abadi dari seorang pria terhadap pasangannya.

Selain cerita tersebut, bunga cantik dengan nama latin anaphalis javanica ini juga dikenal dengan nama bunga abadi, sebab bunga ini mampu mekar hingga 10 tahun lamanya.

Ciri-ciri dan keunikan bunga edelweis kering

Edelweis adalah tumbuhan bunga yang termasuk dalam famili Asteraceae. Bunga ini hadir dengan warna keputih-putihan, abu-abu kehijauan, atau putih kekuningan, dan membentuk rimbunan kecil di permukaan tanah. Bunga ini akan bermekaran sekitar bulan April hingga Agustus setiap tahunnya.

Uniknya, ketika dipetik ini dan disimpan dengan benar, bunga edelweis ini tidak akan mengalami perubahan warna dan aroma dalam waktu yang sangat lama.

Cara merawat bunga edelweis

Berkat pesona bunga ini, membuat banyak orang ingin memetik dan memilikinya. Namun sayang, tanaman yang tumbuh liar di pegunungan ini termasuk tanaman yang dilindungi. Di sejumlah pegunungan di Indonesia, edelweis makin terancam salah satunya di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Hal ini menggerakkan pemerintah membuat larangan keras untuk memetiknya secara sembarangan. Jika memetik bunga edelweis ini, maka ada sanksi yang diberikan bagi mereka yang bersikeras memetiknya.

Sanksi tersebut mulai dari hukuman penjara lima tahun dan satu tahun dengan denda Rp100 juta dan Rp50 juta.

Namun, bila kamu tertarik ingin memilikinya kamu bisa membeli buket bunga edelweis kering dari petani di Dataran Tinggi Dieng. Petani disana banyak yang membudidayakan tanaman edelweis lewat benihnya guna menjalankan usaha jual bunga edelweis kering.

Cara merawat bunga edelweis

Bila kamu telah memiliki bunga edelweis petik yang kamu beli dari petani Dieng , kamu pun harus merawatnya dengan benar di rumah. Adapun cara merawatnya tidaklah sulit, berikut caranya:

1. Menyimpan di dalam vas

Saat sudah dipetik, sebaiknya bunga edelweis ini disimpan di dalam vas yang tertutup. Kemudian letakkan vas dalam lemari kaca khusus pajangan.

Setiap kali kamu rindu akan keharuman bunga ini, kamu bisa membuka lemari untuk menghirup dan memandangnya. Dengan begitu, bunga edelweis akan lebih terlindungi.

2. Memastikan kondisinya kering

Umumnya tanaman yang disimpan dalam vas bunga harus diberikan air agar tetap segar dan mekar. Namun lain halnya dengan bunga edelweis.

Jika bunga edelweis kering disimpan di tempat yang kering, ternyata mampu bertahan hidup lebih lama. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya pembusukan akibat adanya air.

Oleh karena itu, jangan pernah memberikan air di dalam vas bunga edelweis. Demi menjaga ketahanan bunga edelweis agar semakin lama.

3. Letakan pada ruangan sejuk

Meski kondisi vas harus dalam keadaan kering, namun menyimpan vas bunga ini harus diletakkan di ruangan yang sejuk.

Pasalnya jika kamu meletakkan bunga edelweis kering di dalam ruangan yang lembab, maka bunga edelweis akan cepat atau lambat laun akan membusuk.

Baca Juga: Cara Merawat Bunga Edelweis Kering yang Indah dan Cantik Jelita
Mengenal Makna Bunga Edelweiss, yang Dikenal Sebagai Lambang Cinta Abadi

Begitu pula kalau bunga ini ditempatkan di ruangan yang panas, maka bunga edelweis pun akan mengering secara perlahan-lahan.

Oleh karena itu kamu harus memastikan dengan mengatur sirkulasi udara di ruangan ini supaya lancar dan dilengkapi oleh perangkat AC (Air Conditioner).

Video Terkait