Cara Menyiram Tanaman Mentimun dengan Benar Agar Tidak Pahit

Ilustrasi tanaman mentimun. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Rabu, 25 Mei 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Mentimun adalah tanaman sayuran yang populer untuk lalapan atau masakan olahan lain, tetapi sobat agri pasti pernah merasakan mentimun yang rasanya kok pahit, padahal masih baru dan segar. Nah, menurut pakar pertanian, alasannya adalah sederhana, yakni penyiraman tanaman yang tidak tepat. Tapi seberapa banyak air yang dibutuhkan mentimun?

Mengutip dari Hortidaily, seorang ahli pertanian Raisa Poymalo berbagi tipsnya tentang seberapa banyak mentimun membuhkan air. Untuk tanaman mentimun yang masih muda, cukup berikan siraman 4-5 liter per meter persegi dan lakukan penyiraman setiap 2-3 hari sekali, tapi tergantung cuaca ya.

Saat tanaman mentimun berbunga, ia membutuhkan 10-12 liter per meter persegi, dengan frekuensi penyiraman setiap 3 kali sehari. Sedangkan selama masa berbuah, mentimun membutuhkan 12-13 liter air per meter persegi. Di musim panas dengan angin kering, mentimun perlu disiram setiap hari.

Raisa Poymalo menambahkan, untuk tanaman mentimun yang ditanam di rumah kaca, aturan penyiraman sedikit berbeda. Dalam cuaca cerah, ketika rumah kaca sangat panas, mentimun membutuhkan kelembaban tanah setiap hari.

Baca Juga: Cara Menyiram Tanaman Mentimun dengan Benar Agar Tidak Pahit
Apa Manfaat Meletakkan Timun di Mata? Simak Penjelasannya



Penyiraman mentimun di rumah kaca juga harus memperhatikan waktu yang tepat. Sebelum berbunga, lebih baik memberi air ke mentimun di pagi hari. Selama berbuah, Sobat Agri perlu melakukan penyiraman di malam hari ketika matahari terbenam. Suhu air optimal lebih kurang adalah 21−25 derajat Celcius, dan suhu minimum adalah sekitar 12 derajat Celcius.

Satu hal yang harus diingat, kata Poymalo, periksa dahulu kelembaban tanah sebelum menyiram, karena genangan air dapat menyebabkan busuk akar yang bisa berujung pada matinya tanaman.

Video Terkait