Dikenal Penghasil Kopi, Petani Lampung Barat Kenalkan Komoditas Jeruk Baru

Pengunjung memetik komoditas buah jeruk jenis sunkis yang dinamakan jeruk gold pesagi. (Sariagri/Iwan K)

Editor: M Kautsar - Rabu, 25 Mei 2022 | 20:00 WIB

Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung, lebih dikenal masyarakat dan dunia sebagai daerah penghasil komoditas utama kopi dan sayur-sayuran. Namun, beberapa petani asal Desa Bandar Baru, Kecamatan Sukau, mengenalkan komoditas buah jeruk jenis sunkis yang dinamakan jeruk gold pesagi.

Salah satu lokasi taman buahnya selalu ramai dikunjungi sejak hari kedua lebaran, Pada Minggu (15/5/2022) siang, puluhan pengunjung masih terus berdatangan untuk membeli jeruk dengan sensasi dipetik langsung dari pohonnya, hingga makan sepuasnya di tempat.

Menurut pengunjung, lokasi kebun yang sangat terjangkau karena dekat dengan jalan raya juga menjadi salah satu daya tarik mereka untuk datang. Tidak hanya dari Lampung Barat, para pengunjung juga datang dari berbagai daerah di Lampung. Bahkan ada yang dari Sumatera Selatan dan Jakarta.

“Senang bisa membeli jeruk segar dan harganya juga sangat terjangkau,” ungkap Herliana, pengunjung asal Krui, Kabupaten Pesisir Barat.

Omzet petani juga meningkat sejak awal lebaran, dengan total sudah sekitar 3 ton terjual dan nilainya mencapai lebih kurang Rp100 juta. Jumlah itu diprediksi bisa terus meningkat karena animo pengunjung masih terus bertambah.

Menurut Suwono, salah satu pemilik kebun, ia memberi nama jeruknya dengan jeruk gold pesagi, karena warnanya bagai emas dan kebunnya berlatar belakang pemandangan Gunung Pesagi.

Baca Juga: Dikenal Penghasil Kopi, Petani Lampung Barat Kenalkan Komoditas Jeruk Baru
Mengenal Buah Jerpaya, Persilangan Jeruk dan Pepaya

“Harapannya masyarakat bisa senang datang ke kebun agrowisata ini, dan mengenalkan varian jeruk baru karena Lampung Barat biasanya terkenal dengan kopinya,” ungkap Suwono, pemilik kebun agrowisata jeruk gold pesagi.

Kebun agrowisata ini mulai dikembangkan petani di Lampung Barat sejak 2021 lalu. Menurut petani, kondisi tanah dan suhu Lampung Barat sangat cocok untuk varian jeruk sunkis maupun jenis lainnya.