Spesifikasi Tumbuhan Kantong Semar, Fauna Endemik dengan 3 Kantong Ajaib

Tanaman kantong semar.(Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 26 Mei 2022 | 10:45 WIB

Sariagri - Tumbuhan kantong semar adalah salah satu jenis fauna endemik asli Indonesia. Bentuk tanaman ini sangat unik sebab daunnya terlihat seperti kantong.

Tanaman yang punya nama Nepenthes termasuk jenis tumbuhan karnivora yang memakan serangga dan hewan-hewan kecil.

Lantas mengapa tumbuhan kantong semar menangkap serangga? Tidak seperti tumbuhan pada umumnya, tumbuhan kantong semar menangkap serangga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi agar tumbuh subur.

Mengutip laman Britannica, tanaman kantong semar memiliki cairan khusus yang berfungsi untuk menjebak mangsa. Di kantong itu terdapat cairan yang memikat serangga.

Ciri ciri tumbuhan kantong semar

Secara umum, ciri khusus tumbuhan kantong semar adalah terletak pada kantongnya. Bukan hanya satu, melainkan tiga macam bentuk kantong, yaitu kantong atas, kantong bawah, dan kantong roset.

1. Kantong atas

Kantong atas adalah kantong dari tanaman dewasa, biasanya berbentuk corong atau silinder, tidak memiliki sayap, tidak mempunyai warna yang menarik, bagian sulur menghadap ke belakang dan dapat melilit ranting tanaman lain.

Kantong atas lebih sering menangkap hewan yang terbang seperti nyamuk atau lalat, kantong jenis ini jarang bahkan tidak ditemui pada beberapa spesies, contohnya N. ampullaria.

2. Kantong bawah

Kantong bawah adalah kantong yang dihasilkan pada bagian tanaman muda yang biasanya tergelatak di atas tanah, memiliki dua sayap.

Sayap ini berfungsi sebagai alat bantu bagi serangga tanah seperti semut untuk memanjat mulut kantong dan akhirnya tercebur dalam cairan berenzim di dalamnya.

3. Kantong roset

Kantong roset adalah kantong yang memiliki bentuk yang sama seperti kantong bawah, namun kantong roset tumbuh pada bagian daun berbentuk roset, contoh spesies yang memiliki kantong jenis ini adalah N. ampullaria dan N. gracilis.

Beberapa tanaman terkadang mengeluarkan kantong tengah yang berbentuk seperti campuran kantong bawah dan kantong atas.

Habitat dan penyebaran tumbuhan kantong semar

Kantong semar dalam Bahasa Inggris disebut tropical pitcher plant. Itu karena kantong semar tumbuh di banyak negara tropis, di antaranya Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Di Indonesia, keanekaragaman kantong semar banyak ditemukan di Kalimantan dan Sumatera. Tumbuhan ini bisa tumbuh di dataran rendah yang suhunya hangat dan lembap.

Tapi, sebagian besar tumbuh di area pegunungan iklim tropis.

Di habitat aslinya, kantong semar masa hidupnya paling lama bisa mencapai 20 tahun, seperti dikutip dari situs web Terrarium Planting Guide.

Umur rata-rata kantong semar sekitar 10 tahun, yang dalam kurun itu kantong semar akan berbunga. Setelah berbunga, kantong semar akan terus menumbuhkan batang.

Mengutip The Curious World of Carnivorous Plants, ahli botani Wilhelm Barthlott menjelaskan, Nepenthes terdiri atas 170 spesies. Dari keseluruhan spesies itu termasuk yang asli, hibrida, dan budi daya.

Tumbuhan kantong semar dilindungi

Di Indonesia setidaknya terdapat 85 jenis kantong semar. Namun sayangnya, tanaman ini seakan hampir hilang dari peredaran. Hal ini tidak lepas dari minimnya perhatian dan pelestarian akan tanaman ini sendiri.

Menurut data IUCN Red List, setidaknya ada 27 spesies terancam punah, bahkan 4 diantaranya merupakan spesies dengan status Critically Endengered (Kritis) dan empat lainnya berstatus Endengered (Terancam).

Sementara di Taman Nasional Batang Gadis sampai saat ini telah teridentifikasi 5 Jenis kantong semar. 5 jenis tersebut termasuk kategori Appendix II menurut CITES yaitu Nepenthes ampullaria Jack, Nepenthes gymnamphora Nees, Nepenthes reinwardtiana Miq, Nepenthes lingulata Chi.C. Lee, Hernawati & P. Akhriadi, dan Nepenthes sumatrana (Miq.) beck.

Baca Juga: Spesifikasi Tumbuhan Kantong Semar, Fauna Endemik dengan 3 Kantong Ajaib
Mengenal Tanaman Kantong Semar, 'Si Cantik' yang Suka Makan Serangga

Sedangkan berdasarkan P.106 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi di Indonesia, 3 jenis merupakan tumbuhan yang dilindungi yaitu Nepenthes gymnamphora Nees, Nepenthes lingulata Chi.C. Lee, Hernawati & P. Akhriadi, dan Nepenthes sumatrana (Miq.) Beck.

Ada 1 jenis merupakan jenis yang sangat dilindungi berdasarkan IUCN Red list dengan status Critically Endangered (CR) yaitu Nepenthes sumatrana (Miq.) beck

Video Terkait