Viral Pisang Raksasa di Papua, Beratnya Capai 60 Kilogram

Buah pisang bisa diolah menjadi tepung. (Pixnio)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Kamis, 26 Mei 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Viral di media sosial pohon pisang terbesar di dunia ada di Indonesia, tepatnya, di Pegunungan Arfak Papua Barat. Bahkan pohonnya bisa mencapai tinggi 25 sampai 30 meter atau setara dengan 6 sampai 7 kali lipat pisang pada umumnya.

Mengutip laman indonesia.go.id, pisang raksasa yang ditemukan di Papua ini merupakan tumbuhan endemik dan memiliki nama latin Musa ingens atau Musa ingens NW Simmonds. Pisang raksasa ini, pertama kali dikoleksi sebagai spesimen oleh Womersley JS dan Simmonds NW, pada 22 Desember 1954 di New Guinea. Pisang itu disimpan sebagai spirit colection pada Herbarium Kew Inggris.

Jika pohon pisang biasanya memiliki ketinggian kurang dari lima meter, maka pisang musa ingens pohon bisa mencapai tinggi 25 sampai 30 meter atau setara dengan 6 sampai 7 kali lipat pisang pada umumnya. Diameter pohon pisang musa ingens mencapai ukuran 95 cm. Bahkan beberapa situs web mengatakan diameter batang pohon musa ingens bisa mencapai satu meter sampai dua meter.

Viral pisang terbesar di dunia (Instagram)
Viral pisang terbesar di dunia (Instagram)

Pelepah pada pohon pisang normal biasanya tidak lebih dari 2,5 meter, sedangkan musa igens memiliki panjang hingga lima meter dengan lebar sekitar satu meter. Warga setempat mengunakan daun pisang ini untuk atap rumah darurat di hutan, alas duduk, dan alas makanan.

Pisang musa ingens ini memiliki buah dengan panjang hingga 20 cm dengan ukuran buah diameter bisa 4-6 cm. Satu tandan pisang dapat memiliki berat sampai dengan 60 kilogram. Ukuran tandan seperti pisang umumnya dengan diameter sekitar 35-50 cm, panjang 70-80 cm.

Warna kulit buah pisang itu hijau saat muda dan kekuningan ketika masak. Buah itu juga memiliki biji cukup banyak dengan ukuran lebih besar atau sama dengan pisang umumnya.

Baca Juga: Viral Pisang Raksasa di Papua, Beratnya Capai 60 Kilogram
Viral Penampilan Bagasi Mobil Usai Mudik Dipenuhi Cabai hingga Pisang

Pisang raksasa musa ingens ini merupakan salah satu tanaman endemik Papua, yang sejauh ini baru ditemukan di Pegunungan Arfak Papua Barat dengan ketinggian 100 sampai 200 MDPL. Salah satu lokasi keberadaan pisang ini di Kampung Kwau, Distrik Mokwam, Kabupaten Manokwari, yang berbatasan dengan Kabupaten Pegunungan Arfak.

Peneliti dari International Board of Plant Genetic Resource bernama Jeff Daniells yang memulai penelitian pisang raksasa ini di sebuah lokasi di Papua New Guinea sekitar 1989. Menurut Jeff Daniells pohon pisang raksasa ini bisa ditemukan di bagian barat dan timur daerah dataran tinggi atau kawasan pegunungan di Papua New Guinea.

Jeff kemudian mematenkan hasil penelitian pisang raksasa sebagaimana dilansir di dalam Rfcarchives.org.au.

Video Terkait