Hati-hati! Menyimpan Alpukat Pakai Cara Ini Ternyata Berbahaya

Ilustrasi Alpukat (Unsplash)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Kamis, 26 Mei 2022 | 15:20 WIB

Sariagri - Alpukat merupakan salah satu buah yang digemari sebagian masyarakat Tanah Air, baik itu dimakan langsung ataupun diolah menjadi minuman segar. Namun, sebelum diolah umumnya alpukat disimpan terlebih dahulu agar kondisi buahnya lebih matang.

Mengutip dari foodandwine, salah seorang TikToker membagikan cara menyimpan alpukat yang mudah namun berbahaya. Video tersebut diunggah melalui akun TikTok @shamamamahealing, dan video tersebut pun telah ditonton hingga jutaan kali.

Pada unggahan singkat itu, tampak alpukat direndam dalam wadah kaca berisi air. Cara ini diklaim bisa mempertahankan kesegaran alpukat hingga 2 minggu, bahkan warna daging buahnya masih tetap hijau segar.

Kendati demikian, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah menentang cara menyimpan alpukat tersebut. Pasalnya, air yang digunakan untuk mengawetkan alpukat tidak akan semudah apa yang terlihat dalam video TikTok tersebut.

FDA juga tidak menyarankan masyarakat untuk menggunakan cara ini. Pasalnya, ada kemungkinan sisa patogen manusia seperti listeria, monocytogen, salmonella, yang berada di permukaan alpukat berpotensi untuk berkembang biak selama penyimpanannya dalam air.

Baca Juga: Hati-hati! Menyimpan Alpukat Pakai Cara Ini Ternyata Berbahaya
Awas Tertipu! Ini Cara Mudah Bedakan Minyak Kayu Putih Asli atau Palsu

Dalam sebuah penelitian yang mereka lakukan, ditemukan dari 1.615 sampel atau lebih dari 17 persen alpukat terkontaminasi dengan bakteri seperti listeria dan mocytogen pada kulitnya. Ini juga yang menjadi alasan kenapa sebelum mengupas kulit alpukat, kamu perlu mencucinya terlebih dahulu.

Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan FDA telah menunjukkan bahwa Listeria monocytogenes memiliki potensi untuk menyusup dan meresap ke dalam buah alpukat ketika direndam dalam tempat penyimpanan. Dalam kasus ini, bahkan disinfektan permukaan kulit alpukat sebelum diiris tidak akan bisa menghilangkan kontaminasi.

Video Terkait