Perbedaan Bunga Edelweis yang Tumbuh Liar dan Dibudidaya

Ilustrasi bunga edelweis (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 26 Mei 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Bunga edelweis atau dikenal juga dengan nama bunga abadi, merupakan bunga cantik yang tumbuh di pegunungan ataupun dataran tinggi. Untuk mencapainya dibutuhkan usaha yang lebih.

Namun sebenarnya bunga ini merupakan bunga yang dilindungi. Sanksi dan larangan keras untuk memetiknya pun telah ditetapkan. Meski begitu masih ada saja pihak yang tidak bertanggung jawab memetiknya sembarangan.

Sebagi bentuk pencegahan kepunahan bunga edelweiss, kini beberapa pihak tengah mencanangkan budidaya bunga edelweis.

Selain sebagai bentuk pelestarian, budidaya ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan para pelancong yang ingin membawa pulang keindahan bunga abadi ini.

Perbedaan dua jenis bunga edelweis

Namun sayangnya, budidaya ini membuat adanya sedikit perbedaan dengan bunga edelweiss yang tumbuh alami.

1. Warna

Bunga edelweiss yang tumbuh liar memiliki warna kelopak putih agak kecoklatan (putih kusam), sedangkan edelweiss yang dibudidayakan bisa saja berwarna-warni.

Bisa berwarna kuning, ungu, atau merah muda. Ini karena ada proses pewarnaan pada bunga edelweiss budidaya agar terlihat lebih cantik.

2. Ukuran

Bunga edelweis yang tumbuh liar ukurannya cenderung kecil, lebih kering dan tak terawatt. Hal ini karena mereka dibiarkan begitu saja hidup di alam tanpa diberi perawatan khusus atau pun dipupuk.

Namun hal ini jugalah yang membuat edelweiss liar lebih tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrem, misalkan ketika terkena embun upas atau embun yang menjadi es.

Berbeda dengan bunga edelweiss yang dibudidaya, ternyata ukurannya cenderung lebih gemuk dan bisa tumbuh subur jika dirawat dengan benar.

Namun karena dia diperlakukan dengan baik, membuatnya tidak bisa bertahan di suhu ekstrem dan akan lebih mudah rusak dan kemudian mati.

Baca Juga: Perbedaan Bunga Edelweis yang Tumbuh Liar dan Dibudidaya
Cara Merawat Bunga Edelweis Kering yang Indah dan Cantik Jelita

3. Lokasi

Bunga edelweiss liar hanya bisa ditemukan di ketinggian gunung tertentu, misalnya Gunung Gede Pangrango, Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Semeru, Gunung Papandayan, dan di beberapa gunung tinggi lainnya.

Sedangkan bunga edelweiss budidaya bisa kamu temukan di tempat-tempat wisata seperti Bromo dan Dataran Tinggi Dieng. Biasanya bunga ini sudah dibentuk cantik dengan pot kayu mininya. Sedangkan

Video Terkait