Karawang Menuju Swasembada Sayuran, Petani Diminta Tingkatkan Produksi

Pemkab Karawang dorong petani tingkatkan produksi sayuran. (Antara)

Editor: Dera - Kamis, 26 Mei 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mendorong para petani untuk terus meningkatkan produksi sayuran melalui berbagai program yang akan digulirkan.

“Selama ini, kebutuhan sayuran di Karawang dipenuhi melalui pasokan dari daerah lain. Jadi kami berupaya agar Karawang bisa swasembada sayuran,” Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dalam keterangannya di Karawang, Kamis (26/5).

Ia mengatakan, untuk mewujudkan swasembada sayuran itu pihaknya menyusun program kerja sama dengan berbagai pihak, di antaranya dengan difasilitasi Kementerian Pertanian melalui program Taiwan Technical Mission.

Program tersebut akan digulirkan di Karawang guna mendongkrak produksi pertanian di Karawang, khususnya produksi sayuran.

Saat ini telah diresmikan Green House dan Packing House yang berada di atas lahan sekitar 2 hektare.

“Dua infrastruktur ini dibuat guna mendukung pengemasan hasil produksi serta pengembangannya,” katanya.

Menurut bupati, kerja sama melalui program Taiwan Technical Mission ini diproyeksikan bisa menambah pendapatan para petani sebesar 24 persen, yakni dengan menanam sayuran dan mendongkrak produksi hingga 260 ton per tahun.

Baca Juga: Karawang Menuju Swasembada Sayuran, Petani Diminta Tingkatkan Produksi
Kisah Seorang Petani yang Sudah Meninggal Menang Kontes Daun Bawang Raksasa

Ia menyampaikan, tidak hanya teknis penanaman, para petani binaan juga diberi kemampuan untuk meningkatkan pemasaran hasil produksi. Taiwan Technical Mission akan ikut membuka saluran penjualan dengan total 50 ton per tahun.

Antara melansir, saat ini ada 50 petani binaan yang tersebar di sepuluh kecamatan yang akan dilatih kemampuan pemasarannya.

Video Terkait