Mengenal Buah Kawista, Buah Sakral dari India

Ilustrasi Buah Kawista (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 27 Mei 2022 | 10:45 WIB

Sariagri - Siapa nih dari kamu yang sudah pernah mencoba buah kawista? Buah yang bernama ilmiah Limonia acidissima ini masuk kedalam buah jenis jeruk-jerukan. Di Indonesia sendiri kawista memiliki beberapa sebutan seperti kasisto, kawis, ganista, kimco, dan buah batok,

Pohon kawista merupakan pohon yang cukup lambat berbuah, oleh karena itu di Indonesia sangat jarang buah ini dibudidayakan.

Perlu untuk kamu ketahui, jika pohon kawista membutuhkan waktu 2 tahun lamanya sampai pohonnya berbuah jika pengembiakan melalui biji. Dan butuh 15 tahun jika kamu menggunakan cara stek.

Menurut organicfact, kawista diketahui berasal dari India. Di India, buah ini merupakan lambang makanan orang miskin. Baru pada pertengahan 1950, buah ini sudah berkembang proses pengolahannya sehingga dikonsumsi oleh banyak orang.

Khasiat buah kawista cukup bernilai dan sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal di India. Oleh karena itu, banyak pohonnya yang ditemukan tumbuh dalam taman kuil di India, sehingga pohonnya dianggap sakral dan daunnya sering digunakan untuk upacara keagamaan.

Kalau kamu melihat buah ini, kamu akan menyangka ini batok kelapa yang sebesar apel dengan kulit yang tebal dan bersisik seperti melon.

Daging buah kawista berwarna coklat, dengan biji-biji berdiameter 5 sampai 6 mm. Saat masih muda, kawista memiliki rasa asam segar yang pekat, sehingga sering dijadikan rujak. Saat telah matang, kawista terasa manis dan nikmat serta mengandung sensasi kola.

termasuk tanaman yang dapat tumbuh dimana saja dengan kondisi cuaca yang ekstrim. Selain itu, pohon ini termasuk yang paling kuat terhadap ancaman hama.

Berdasarkan netmeds, secara ilmiah buah kawista merupakan buah dengan nutrisi yang melimpah seperti beta-karoten, protein, riboflavin, vitamin C, sarat dengan vitamin B1 dan B2, tiamin, niasin, karoten dan memiliki jumlah mineral yang baik seperti kalsium, kalium, serat dan lemak baik.

Baca Juga: Mengenal Buah Kawista, Buah Sakral dari India
Mengenal Ciri Pohon Buah Ajaib dan Cara Budidayanya

Manfaat buah kawista untuk tubuh terkenal dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan telah banyak digunakan sebagai obat pencahar.

Buah kawista telah lama digunakan dalam ayurveda sebagai pengobatan masalah pencernaan, serta melawan infeksi dari virus, jamur, dan bakteri.

Video Terkait