Penelitian: Taman Hijau di Atas Gedung Kurangi Panas Ekstrem Perkotaan

Ilustrasi taman atap mampu mencegah panas. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 27 Mei 2022 | 13:10 WIB

Sariagri - Badan luar angkasa Amerika Serikat (AS), NASA menyebut bahwa suhu di perkotaan umumnya 10 derajat lebih tinggi dibandingkan dengan di tempat lain di sekitarnya. Apa yang disebut sebagai "urban heat island" ini terjadi karena penyerapan panas dan retensi bahan seperti aspal dan beton.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Penelitian baru oleh ilmuwan iklim dari Institut Studi Luar Angkasa NASA (GISS) NASA di New York, menemukan bahwa taman atap cerah yang memantulkan matahari atau "atap hijau" yang dipenuhi berbagi jenis tanaman hijau dapat mengurangi sebagian panas kota yang ekstrem, demikian dilansir dari bigthink.com.

"Ketika kota tumbuh dan berkembang, perlu dibuat keputusan yang baik tentang infrastrukturnya, karena keputusan ini sering berlangsung selama 30 atau 50 tahun atau lebih," kata ilmuwan iklim dan insinyur sipil di Universitas Columbia dan GISS, Christian Braneon, yang merupakan salah satu penulis studi ini.

Dia menambahkan, "Dalam konteks gelombang panas yang lebih sering dan panas yang lebih ekstrem, penting untuk memahami bagaimana intervensi desain perkotaan ini bisa efektif."

Dalam studinya, tim peneliti GISS melihat gambar satelit dari tiga situs atau bangunan dengan atap hijau (taman rooftop) di Chicago pada awal 2000-an, dan membandingkannya dengan gambar yang diambil antara tahun 1990 dan 2011.

Mereka menemukan bahwa suhu di dua situs dengan taman di atapnya jauh berkurang, salah satunya bahkan suhunya berkurang secara signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan atap hijau dalam menurunkan suhu dapat ditentukan oleh keragaman tanaman yang digunakan, lokasi dan faktor lainnya.

Baca Juga: Penelitian: Taman Hijau di Atas Gedung Kurangi Panas Ekstrem Perkotaan
Coldplay Dukung Gerakan Hijau dengan Hadirkan Sepeda Stasion di Panggung



Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi seberapa besar manfaat atap hijau adalah kondisi area sekitarnya dan juga bergantung pada struktur atap itu sendiri, keragaman tanaman yang dipilih dan wilayah di mana bangunan itu berada, kata para peneliti.

Menurut Garden and Design, ada perbedaan antara atap hijau dan taman atap. Atap hijau atau Green roof umumnya lebih ringan dan mudah dipasang karena menggunakan alas atau baki yang dangkal untuk menanam rerumputan atau tanaman berbunga yang perdu, sedangkan rooftop garden biasanya dibuat konstruksi yang lebih kuat dan lebih dalam untuk menampung campuran tanaman, pohon, bunga dan rerumputan, serta hal-hal yang membentuk “ ruang luar”. 

Video Terkait