Cara Tepat Memangkas Batang Mawar Supaya Lekas Berbunga

Pemangkasan bunga mawar. (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Senin, 30 Mei 2022 | 06:00 WIB

Sariagri - Proses pemangkasan pada bunga mawar adalah salah satu perawatan yang harus dilakukan supaya tanaman tetap tumbuh dengan baik. Memangkas daun dan batang tanaman mawar dilakukan untuk menghasilkan tunas baru sebagai cikal bakal munculnya bunga.

Namun proses pemangkasan ini kerap diabaikan karena sering bertentangan dengan intuisi pemiliknya, dimana batang dan daun yang tumbuh subur harus disingkirkan. Padahal pemangkasan pada bunga mawar sangat diperlukan untuk mendorong pertumbuhan baru.

Waktu yang tepat memangkas mawar

Waktu pemangkasan biasanya ditentukan oleh jenis tanaman mawar dan zona tumbuh. Namun secara umum, sebagian besar pemangkasan mawar dilakukan sebelum kuncup bunga mekar. Ketika kuncup mulai membesar dan rona merah muda atau kemerahan mulai terlihat, inilah saatnya untuk memangkas.

Sebelum melakukan pemangkasan pastikan menggunakan sarung tangan tebal yang menutupi lengan, celana kanvas atau jeans, dan kemeja lengan panjang atau jaket kanvas. Tertusuk duri dari batang mawar dapat menyebabkan infeksi bakteri dan jamur, salah satunya (sporotrichosis) atau dikenal dengan sebutan "penyakit pemetik mawar." Infeksi ini bisa sangat serius, jadi yang terbaik adalah menghindari tusukan duri dengan mengenakan pakaian pelindung.

Area pemangkasan

Area yang paling tepat untuk memangkas mawar adalah pada bagian batang yang telah berbunga. Selain itu batang yang kurus atau memiliki pucuk yang memanjang jauh melampaui pertumbuhan yang diharapkan.

Meski demikian, spesifikasi pemangkasan yang tepat tergantung pada jenis dan klasifikasi tanaman mawar. Pastikan lebih dulu memahami ciri khas varietas mawar yang Anda miliki sebelum melakukan proses pemangkasan.

Memangkas dari bawah ke atas

Perhatikan kesehatan dan bentuk tanaman mawar secara keseluruhan. Kemudian pangkas batang mati di pangkal dan buka bagian tengah tanaman untuk memungkinkan sirkulasi cahaya dan udara masuk.

Baca Juga: Cara Tepat Memangkas Batang Mawar Supaya Lekas Berbunga
Faktor Penting yang Harus Dilakukan dalam Merawat Bunga Mawar

Buang kayu yang rusak, mati, dan berpenyakit lalu potong batang pada sudut 45 derajat atau sekitar 1/4 inci di atas tunas yang menghadap ke luar tanaman. Singkirkan batang yang kurus dan tipis yang disebut Twiggy Canes, batang jenis ini akan tumbuh kurus dan menghasilkan bunga yang sangat sedikit.

Membuang sucker

Sucker adalah batang yang tumbuh secara vertikal dari dari batang utama. Sucker tidak akan menghasilkan bunga dan hanya akan menghabiskan nutrisi tanaman utama. Pangkas sucker mulai dari tanah atau di bawah tempat cabang-cabang utama menyatu.