Mengejutkan! Ilmuwan Temukan Adanya Tanaman Kanibal

Ilustrasi Tumbuhan Alga (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Selasa, 31 Mei 2022 | 18:10 WIB

Sariagri - Alga adalah kelompok tanaman yang tidak memiliki organ seperti yang dimiliki tumbuhan lainnya yaitu akar, batang, daun, dan sebagainya. Berbicara soal tanaman alga, ternyata alga dapat mengonsumsi tumbuhan lain sebagai makanan.

Menurut artikel National Geographic, ada sebuah temuan yang baru-baru ini mengejutkan para ahli. Temuan tersebut berasal dari sebuah studi yang dilakukan terhadap tanaman alga, tepatnya jenis alga hijau.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa ternyata tanaman alga dapat mengurai material tumbuhan lain dan mengonsumsinya sebagai makanan.

Hasil penelitian tersebut dirilis oleh Lutz Wobbe, peneliti di University of Bielefeld, Jerman dalam jurnal Nature Communications. Ia mengatakan jika tanaman alga dapat memecah selulosa tumbuhan lain dan memanfaatkannya sebagai sumber energi. Selulosa adalah biopolimer memberikan kekuatan pada dinding sel tumbuhan.

Pada kondisi normal, tumbuhan bernama ilmiah alga Chlamydomonas reinhardtii ini dalam kondisi normalnya akan menggunakan matahari untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi gula sederhana glukosa, lewat proses fotosintesis.

Namun ketika peneliti mengobservasi sel kecil yang ada di tumbuhan ini, para ahli memperoleh kandungan karbondioksida untuk alga mengkanibalisasi material tumbuhan lain.

“Studi kami adalah yang pertama kali mendemonstrasikan bahwa organisme yang mampu melakukan fotosintesis ternyata juga dapat mencerna selulosa,” ujar Lutz Wobbe.

Cara alga mempertahankan hidup ini bisa dimanfaatkan dalam produksi biofuel seperti ethanol selulosa. Proses itu membutuhkan enzim yang sangat mahal untuk mengurai selulosa dan mengubahnya menjadi gula sederhana sebelum dikonversi menjadi etanol.

Baca Juga: Mengejutkan! Ilmuwan Temukan Adanya Tanaman Kanibal
5 Tanaman Ini Tidak Memerlukan Banyak Sinar Matahari untuk Tumbuh

Kemampuan itu juga bermanfaat untuk membuat biodiesel, karena C. reinhardtii mempu menghasilkan lemak yang dapat diubah menjadi bahan bakar.

“Ganggang itu dapat menghancurkan selulosa dengan mengeluarkan enzim selulase,” kata Wobbe. “Semula kemampuan itu dianggap hanya dimiliki oleh jamur, bakteri dan binatang.”

Video Terkait