Tak Disangka! Tanaman Herbal Ternyata Efektif Atasi Masalah Susah Tidur

Ilustrasi teh herbal (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 31 Mei 2022 | 17:25 WIB

Sariagri - Apakah Sobat Agri pernah mengalami permasalahan susah tidur? Jangan khawatir, karena kamu tidak sendiri. Faktanya, gangguan susah tidur atau insomnia merupakan persoalan yang banyak diderita orang di seluruh dunia. Penyebabnya tentu bisa sangat beraneka ragam.

Namun tahukah kamu, sebenarnya masalah susah tidur ini ternyata dapat diatasi hanya dengan mengkonsumsi sejumlah tanaman herbal, seperti misalnya teh.

Melansir Vietnam Times, kondisi buruknya kualitas tidur memang bisa dipicu banyak faktor, salah satu terkait suhu tubuh. Menurut Sleep Foundation, suhu tubuh memainkan peran penting dalam siklus tidur hingga bangun.

Karena itu pula, disebutkan, mandi sebelum tidur dapat memberi manfaat pada kualitas tidur. Seperti yang dilaporkan Healthline, mandi air panas sebelum tidur dapat membantu seseorang tidur lebih nyenyak, terutama jika suhu air dan waktu mandinya tepat.

Sebuah tim peneliti yang dipimpin oleh Shahab Haghayegh, seorang kandidat PhD di departemen teknik biomedis di The University of Texas di Austin, melakukan analisis data sistematis yang mengevaluasi penelitian yang menghubungkan mandi, suhu air, dan kualitas tidur.

Para peneliti meninjau 5.322 studi dan menggunakan sekitar selusin dengan metodologi yang solid untuk membuat kesimpulan mereka. Laporan tersebut dipublikasikan di Sleep Medicine Review.

Menurut hasil mereka, mandi satu hingga dua jam idealnya, 90 menit sebelum tidur di air bersuhu 104 hingga 109 ° F (40 hingga 43° C) dapat membantu orang mendapatkan kualitas tidur terbaik.

Mandi pada waktu dan suhu tersebut dapat membantu kamu tertidur rata-rata 10 menit lebih cepat dari biasanya.

Insomnia dan Herbal

Insomnia memiliki banyak penyebab. Namun tahukah Sobat Agri, minuman yang diminum menjelang tidur juga dapat mempengaruhi kualitas tidur, ini termasuk minuman teh herbal.

Bagi mereka yang ingin rutin meminum teh jelang tidur, pilihlah teh herbal, yang secara alami bebas kafein. Hindari teh seperti teh hitam, matcha, atau bahkan teh hijau, yang mengandung kafein.

Teh herbal umumnya aman, tetapi dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan, memiliki kondisi kesehatan lain, atau sedang hamil atau menyusui, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi teh herbal secara teratur.

Menurut ahli diet pengobatan integratif yang berbasis di New York City, Robin Foroutan, teh herbal dapat menjadi ritual yang menenangkan untuk dimasukkan ke dalam rutinitas relaksasi jelang tidur.

Dia secara khusus merekomendasikan teh Tulsi (juga dikenal sebagai teh Holy Basil), yang dapat menurunkan kadar kortisol (alias, kadar hormon stres kortisol) dan membantu mencapai tidur yang lebih berkualitas.

Seperti teh Tulsi, valerian, passionflower, dan teh chamomile juga merupakan teh herbal, tetapi mereka memiliki mekanisme tidur yang sedikit berbeda.

"Ada elemen dalam passionflower, chamomile, dan akar valerian yang telah terbukti agak menenangkan," tambah Dr. Winter.

Lebih dari itu, ritual menyeruput teh memiliki manfaat tersendiri. "Hangat. Kamu mencium dan merasakan sesuatu yang menarik dan berbunga-bunga. Dan itu mungkin sesuatu yang kamu lakukan pada waktu yang sama setiap malam," jelas Winter.

Ritual ini tidak hanya membuat rileks, tetapi juga memberi isyarat kepada tubuh dan pikiran bahwa sudah hampir waktunya untuk tidur.

Baca Juga: Tak Disangka! Tanaman Herbal Ternyata Efektif Atasi Masalah Susah Tidur
Mujarab! 4 Tanaman 'Dokter' Ini Ampuh Usir Penyakit



Selain teh, ada beberapa herbal yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Jenis herbal itu diantaranya kamomil, salep lemon, lemon verbena, valerian, rooibos, lavender,  honeybush, kunyit dan teh hijau.

Video Terkait