5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Peradangan

Ilustrasi minyak zaitun. (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Selasa, 31 Mei 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Olive oil atau minyak zaitun adalah lemak cair atau minyak alami yang diperoleh dengan memeras buah zaitun utuh. Buah ini berasal dari pohon asli dari Mediterania. Rasa dari buah ini cukup unik, karena bisa berbeda-beda tergantung dari mana negara asalnya.

Ada dua teknik pemrosesan untuk menghasilkan minyak zaitun dengan 'nilai' yang berbeda, yaitu:

1. Refined (minyak zaitun yang dimurnikan)

Refined oil adalah minyak zaitun murni yang tidak diolah, artinya tidak ada panas atau bahan kimia yang digunakan dalam proses ekstraksi sehingga menghasilkan minyak zaitun yang lebih murni dengan rasa yang lebih kuat.

2. Unrefined (minyak yang tidak dimurnikan).

Sedangkan unrefined oil adalah minyak yang telah diolah untuk menghilangkan cacat dan biasanya berwarna lebih terang dan rasanya lebih ringan.

Lantas apa saja manfaat dari minyak ini? Berikut ulasan lengkap yang perlu kamu ketahui.

1. Mencegah peradangan

Peradangan dianggap sebagai salah satu penyebab utama beberapa masalah kesehatan paling kronis, termasuk Alzheimer dan diabetes tipe-2.

Olive oil mengandung antioksidan yang memiliki efek anti-inflamasinya dan asam oleat yang berperan dalam mencegah peradangan dan penanda peradangan.

2. Meningkatkan mood

Olive oil termasuk salah satu pilihan diet sehat yang mencakup asupan tinggi buah, sayuran, biji-bijian dan ikan berminyak. Olive oil terbukti berperan dalam mengurangi risiko depresi.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Olive oil merupakan memiliki banyak manfaat, salah satu yang utama adalah untuk kesehatan jantung. Minyak ini membantu mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol yang berkontribusi pada penurunan risiko penyakit jantung.

Olive oil adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Peradangan
Intip Harga Minyak Zaitun dan Juga Manfaat yang Terkandung di Dalamnya

4. Melindungi tubuh dari penyakit kronis

Olive oil memiliki kandungan polifenolnya yang tinggi. Polifenol adalah senyawa dalam banyak makanan nabati yang dapat meningkatkan pencernaan, fungsi otak, dan kadar gula darah, serta melindungi terhadap pembekuan darah, penyakit jantung, dan kanker tertentu. 

Kandungan tersebut mungkin juga memiliki efek perlindungan terhadap diabetes tipe-2 dan beberapa bentuk kanker.

5. Meningkatkan fungsi otak

Mengonsumsi minyak zaitun atau kacang-kacangan dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif yang dapat mengurangi risiko Alzheimer. Fungsi otak juga bisa dijaga dengan berolahraga secara teratur dan tidur yang cukup.

 

Video Terkait