Sederet Manfaat Daun Jambu Biji, Bisa untuk Diare hingga Demam Berdarah

Ilustrasi daun jambu biji. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Kamis, 2 Juni 2022 | 14:20 WIB

Sariagri - Pohon jambu biji adalah salah satu tanaman yang dapat diperhitungkan untuk dimiliki. Hal tersebut dikarenakan setiap bagian pohon jambu bisa dimanfaatkan, dari buahnya yang nikmat serta daunnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat tradisional.

Daun jambu biji dikenal sebagai daun herbal yang berguna untuk kesehatan. Manfaat yang paling dikenal dari daun ini adalah untuk mengatasi diare.

Melansir situs Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin, daun jambu biji mengandung vitamin C, antioksidan, quercetin, flavonoid, serat, tanin, klorofil dan lainnya. Kandungan ini membuat daun jambu biji banyak dimanfaatkan untuk obat herbal.

Mengutip berbagai sumber, berikut 5 manfaat daun jambu biji untuk kesehatan. 

1. Mengobati Diare

Manfaat daun jambu biji yaitu mengobati diare atau kondisi sistem pencernaan yang tidak terkontrol sehingga membuat buang air besar berlebihan. Biasanya, dampak paling umum dari diare adalah dehidrasi.

Cara mengobati diare dengan daun jambu biji bisa dilakukan dengan cara siapkan lima lembar daun jambu, satu akar pohon jambu biji, satu potong batang kecil jambu biji. Kemudian, rebuslah semua bahan dalam 1,5 liter air sampai mendidih. Saring airnya dan minum dua kali sehari.

Cara lain yang lebih sederhana yaitu dengan mengunyah daun jambu biji yang masih muda. Jangan lupa tambahkan garam. Kemudian telanlah airnya dan buang ampasnya.

2. Obat Masuk Angin

Manfaat daun jambu biji juga untuk mengobati masuk angin. Cara untuk mengobatinya dengan daun jambu biji adalah dengan menyediakan 10 lembar daun yang masih muda, tiga buah asam jawa, satu potong gula merah atau aren, satu buah cabai merah dan garam secukupnya.

Kemudian rebuslah semua bahan dalam panci sebanyak satu liter air. Biarkan hingga mendidih, saring dan minumlah rebusan tersebut dua kali sehari.

3. Obat Maag

Manfaat daun jambu biji juga untuk mengobati maag. Caranya dengan menyiapkan delapan lembar daun jambu biji yang masih muda. Kemudian rebuslah dengan satu setengah gelas air hingga mendidih. Saring dan minumlah airnya.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Jambu Biji, Bisa untuk Diare hingga Demam Berdarah
Fakta Unik Ginkgo Biloba, Fosil Hidup dari Dataran Cina

4. Obat Sariawan

Daun jambu biji juga bermanfaat sebagai obat sariawan. Cara membuatnya dengan menyiapkan segenggam daun jambu biji yang masih muda dan satu potong kulit batang jambu biji. Kemudian rebuslah semua bahan tersebut menggunakan dua gelas air hingga mendidih, saring dan minum empat jam sekali sampai sembuh.

5. Obat Demam Berdarah 

Daun jambu biji juga bermanfaat untuk mengobati demam berdarah. Caranya dengan menyiapkan lima lembar daun jambu biji dan rebuslah denag air sebanyak dua gelas hingga mendidih. Kemudian saring dan minum airnya empat jam sekali hingga sembuh.

Video Terkait