6 Sayuran Ini Lebih Baik Dimasak Sebelum Dikonsumsi

Ilustrasi Sayuran (Pixabay)

Editor: Putri - Kamis, 2 Juni 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Menurut penelitian, ada berbagai sayuran yang lebih baik dimasak terdahulu sebelum dikonsumsi. Faktor utama adalah penyerapan nutrisi dalam tubuh kita.

Jika kamu juga berada di bawah dilema tentang sayuran apa yang harus dimakan langsung atau dimasak, simak ulasan berikut.

Mengutip berbagai sumber, berikut sayur yang lebih baik dimasak terdahulu sebelum dikonsumsi.

1. Tomat

Tomat mengandung likopen dan antioksidan yang lepas lebih baik saat dimasak. Ketika terdapat panas yang dihasilkan, zat-zat tersebut memecah dinding sel sayuran yang dimasak.

Pada gilirannya, membantu penyerapan likopen yang lebih baik dalam tubuh kita.

2. Kentang

Kentang menjadi lebih enak dikonsumsi jika dimasak. Hal tersebut dikarenakan makan kentang mentah adalah sesuatu yang tidak biasa lidah kita.

Penelitian juga menunjukkan bahwa memasak sayuran seperti kentang meningkatkan kandungan beta-karotennya.

3. Wortel

Memasak wortel akan menyebabkan pelepasan beta-karoten lebih cepat. Beta-karoten diubah menjadi vitamin A dalam tubuh kita. Meskipun kita memiliki kebiasaan makan wortel mentah saat makan salad, sudah saatnya kita mulai merebusnya atau lebih tepatnya menumisnya.

4. Kembang Kol

Sama seperti brokoli, makan kembang kol mentah tidak baik untuk pencernaan kita. Mengukus kembang kol atau memakannya dalam bentuk tumisan adalah pilihan yang lebih baik jika ingin mendapatkan manfaat dari nutrisinya.

Baca Juga: 6 Sayuran Ini Lebih Baik Dimasak Sebelum Dikonsumsi
Jajal Deh! Sayur dan Buah Ini Mampu Jaga Kesehatan Mata

5. Bayam

Memasak bayam berarti lebih banyak kalsium, zat besi, dan magnesium. Memasak bayam juga meningkatkan kandungan antioksidannya. Karena itu, teruslah mengolah bayam jadi sayur bening atau tumisan.

6. Brokoli

Meskipun ada banyak teori tentang ini, brokoli sulit dicerna jika dimakan mentah. Oleh karena itu, mengukus atau menumisnya adalah pilihan yang baik jika menginginkan nutrisinya.

Video Terkait