Buah dan Sayuran Ini Bisa Redakan Migrain

Ilustrasi buah-buahan. (Foto: Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 3 Juni 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Jika kamu kerap merasakan migrain, mungkin tahu bahwa makanan dan minuman tertentu dapat memicu serangan sakit kepala hebat tersebut.

Tetapi meskipun penting untuk mengetahui apa yang harus dihindari, fokus pada makanan yang bisa meredakan migrain atau sakit kepala tidak ada salahnya.

Mengonsumsi berbagai makanan sehat akan membuat perbedaan besar baik dalam menghadapi sakit kepala dan kesehatan secara keseluruhan.

Mengutip berbagai sumber, berikut buah dan sayuran yang dapat meredakan migrain dan sakit kepala biasa.

1. Pisang

Mencari sesuatu yang cepat dan mudah membantu mencegah serangan migrain? Pilih pisang daripada makanan yang diproses seperti granola atau permen.

Pisang adalah makanan yang bagus untuk pemulihan energi yang cepat. Buah ini mengandung magnesium yang tinggi dan membantu orang yang mengalami sakit kepala.

Selain itu, buah pisang mengandung sekitar 74 persen air, jadi ada manfaat hidrasi juga.

2. Semangka

Semangka sebenarnya dianggap sebagai sayuran karena cara tumbuhnya, meskipun beberapa orang berpendapat bahwa semangka termasuk dalam kategori buah karena rasanya yang manis dan kandungan gula yang lebih tinggi.

Selain itu, semangka juga memiliki banyak air di dalamnya. Buah ini mengandung 92 persen air. Karena memiliki banyak air, baik mengonsumsi buah maupun mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air akan membantu kamu tetap terhidrasi.

Mendapatkan cukup cairan penting untuk semua aspek kesehatan, termasuk migrain. Sekitar satu dari tiga orang dengan migrain mengatakan dehidrasi adalah pemicunya.

3. Buah Beri

Makan makanan yang tinggi antioksidan dapat membantu meredakan rasa menekan akibat sinus dari waktu ke waktu. Blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry adalah pilihan yang baik.

Buah-buahan yang lebih kecil cenderung memiliki lebih banyak paparan pestisida. Oleh karena itu buah beri organik direkomendasikan untuk dikonsumsi.

4. Brokoli

Brokoli diketahui dapat meredakan sakit kepala saat menstruasi. Perubahan kadar hormon dapat menyebabkan sakit kepala, terutama bagi wanita dengan migrain.

5. Bayam

Bayam dan sayuran hijau lainnya adalah sumber magnesium yang bagus. Bayam dapat mengurangi atau bahkan mencegah migrain dalam beberapa kasus.

Baca Juga: Buah dan Sayuran Ini Bisa Redakan Migrain
Jajal Deh! Sayur dan Buah Ini Mampu Jaga Kesehatan Mata

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa banyak orang dengan migrain memiliki kadar magnesium otak yang rendah. Akhirnya penderita migrain mengonsumsi suplemen magnesium.

Menurut pernyataan Belinda Savage-Edwards, MD, seorang ahli saraf di Huntsville, Alabama, pada Migraine World Summit 2021, suplemen magnesium harus melengkapi makanan yang dimakan, bukan menggantikannya. Oleh sebab itu imbangi suplemen dengan menu sehat dari sayur dan buah.