Mana yang Lebih Sehat, Ubi Jalar atau Kentang?

Ilustrasi kentang. (pixabay)

Editor: Dera - Sabtu, 4 Juni 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Ubi jalar dan kentang sebenarnya merupakan jenis umbi-umbian yang dengan mudah kita dapatkan di pasar ataupun supermarket. Selain mudah didapatkan, harganya pun relatif murah, sehingga banyak orang yang memilih kedua jenis umbi ini sebagai camilan ataupun tambahan bahan makanan.

Menurut Departemen Agrikultur Amerika Serikat (USDA), ubi jalar dan kentang adalah sumber serat dan nutrisi yang paling baik untuk tubuh. Maka tak heran jika kentang mendapatkan urutan keempat makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di dunia, setelah nasi, gandum, dan jagung.

Namun, ada saja sebagian orang yang menganggap jika karbohidrat di dalam ubi jalar dan kentang bisa menyebabkan kegemukan. Faktanya, karbohidrat yang terkandung dalam ubi jalar dan kentang berupa pati dan serat yang dapat membuat tetap ramping dan sehat.

Berikut ulasan nutrisi yang terkandung di dalam ubi jalar dan kentang. 

1. Kalori

Mengutip Medicaldaily, pada 100 gram porsi ubi jalar yang dipanggang dengan kulitnya, mengandung 90 kalori. Sedangkan, dalam kentang dengan porsi yang sama, mengandung 93 kalori.

2. Nutrisi

Dari segi nutrisi, berikut ini adalah perbedaan kandungan ubi jalar dan kentang seperti dikutip dari United States Department of Agriculture:

Nutrien Ubi jalar

  • Kalori 90 kalori 
  • Protein 2 gram
  • Lemak 0,15 gram
  • Karbohidrat 21 gram
  • Serat 3,3 gram 
  • Vitamin A 107% AKG (Angka Kecukupan Gizi)
  • Vitamin B6 17% AKG
  • Vitamin C 22% AKG
  • Potasium 10% AKG 
  • Kalsium 3% AKG
  • Magnesium 6% AKG

Nutrien Kentang

  • Kalori 92 kalori
  • Protein 2 gram
  • Lemak 0,15 gram
  • Karbohidrat 21 gram
  • Serat 2,1 gram
  • Vitamin A 0,1% AKG
  • Vitamin B6 12% AKG
  • Vitamin C 14% AKG
  • Potasium 17% AKG
  • Kalsium 1% AKG
  • Magnesium 6% AKG

3. Kandungan gula

Ubi jalar mengandung lebih banyak gula dibanding kentang. Ubi jalar punya 13 gram gula per 100 gramnya. Sedangkan kentang yang hampir tak berasa, hanya memiliki 2 gram rasa manis.

Baca Juga: Mana yang Lebih Sehat, Ubi Jalar atau Kentang?
Kentang Seberat 7,9 Kg ini Ditemukan di Skotlandia

Ubi mengandung pati resisten yang bermanfaat, tidak seperti serat lain yang sulit dicerna. Pati ini memproduksi asam lemak rantai pendek dan sangat baik bagi tubuh. Ubi mengandung sumber yang kaya vitamin A dan vitamin C, serat, sedikit kalori, dan relatif sedikit karbohidrat dibanding kentang.

Jadi, ubi jalar dan kentang tidak terlalu signifikan perbedaannya dan keduanya sama-sama sehat. Hanya saja jika ingin mendapatkan salah satu kandungan nutrisi tertentu, tinggal memilih nutrisi mana yang ingin diperoleh, lalu kamu bisa menentukan jenis yang dikonsumsi ubi rebus atau kentang rebus. 

Video Terkait