Deretan Sayuran yang Boleh Dikukus dan Bagaimana Mengukusnya dengan Baik

Ilustrasi sayuran. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Minggu, 5 Juni 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Mengukus sayuran adalah pilihan ketika kamu mencoba mengonsumsi makanan sehat. Dengan mengukus sayuran, rasa dan nutrisi akan terkunci serta dan tekstur lebih lembut.

Saat kamu mengukus makanan, kamu menghindari kalori tersembunyi dari mentega, minyak, dan lemak lainnya, sehingga rasa dan tekstur makanan tetap utuh.

Tidak seperti merebus, mengukus tidak membuatmu harus mengaduk makanan, jadi ini adalah cara yang sangat lembut untuk memasak makanan yang memiliki tekstur halus.

Secara teknis, semua sayuran bisa dikukus. Tetapi beberapa sayuran ada yang lebih bervitamin saat dikukus dibandingkan sayuran lainnya, jadi selalu perhatikan sayuran yang hendak dikukus.

Sayuran yang baik untuk dikukus adalah brokoli, bayam dan sayuran hijau lainnya seperti kembang kol, asparagus, wortel, kacang hijau, dan kentang kecil.

Bagaimana cara menyiapkan sayuran untuk dikukus? Setiap sayuran besar perlu dipotong menjadi potongan kecil atau potongan seukuran gigitan. Sayuran akar seperti wortel harus diiris, kecuali jika kamu menggunakan baby wortel.

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan lobak juga bisa dikukus utuh. Kembang kol dan brokoli harus dipecah atau diiris besar agar saat pengukusan lebih merata.

Baca Juga: Deretan Sayuran yang Boleh Dikukus dan Bagaimana Mengukusnya dengan Baik
Jajal Deh! Sayur dan Buah Ini Mampu Jaga Kesehatan Mata

Mengukus adalah cara yang relatif cepat untuk memasak makanan. Makanan kamu kemungkinan besar sudah matang jika sudah empuk, mudah ditusuk dengan ujung pisau atau dalam kasus sayuran, berwarna cerah dan sedikit lunak.

Berhati-hatilah untuk tidak mengukus sayuran terlalu lama atau bisa menjadi lembek dan rasanya di bawah standar. Terdapat waktu-waktu khusus untuk mengukus sayuran, di antaranya;

  • Irisan wortel: 6-8 menit
  • Kembang kol: 5-6 menit
  • Asparagus: 5-6 menit
  • Brokoli: 5 menit
  • Kubis: 8-10 menit
  • Kacang hijau: 4-5 menit
  • Bayam dan sayuran hijau: 5 menit
  • Kacang polong: 3 menit
  • Kentang kecil: 15-20 menit
  • Kentang dengan potongan lebih besar: 25-30 menit

Video Terkait