3 Alasan Kenapa Perlu Menanam Pohon Jeruk di Halaman Rumah

Ilustrasi alasan perlu menanam jeruk di rumah. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Jumat, 10 Juni 2022 | 18:05 WIB

Sariagri - Tanaman jeruk akan menguntungkan ketika memasuki masa panen. Siapa tidak senang, harga jeruk yang lumayan menguras kantong di pasaran justru dapat dinikmati secara cuma-cuma ketika memiliki pohonnya di rumah.

Tidak ada salahnya dengan menanam jeruk di rumah. Selain menyegarkan, jeruk juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Melansir Eat This Not That, jeruk memang dikenal kaya akan vitamin C.

Berikut apa yang terjadi pada tubuh ketika memakan jeruk:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu alasan perlu menanam jeruk di rumah karena memakan jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut tinjauan 2018, Vitamin C dalam jeruk tidak hanya melindungi sel dengan mencari dan menetralkan ancaman kekebalan yang signifikan seperti polusi lingkungan dan asap rokok, tetapi juga juga dapat meningkatkan kekebalan terhadap virus dan infeksi.

2. Menurunkan Risiko Kanker

Alasan berikutnya kenapa kamu perlu menanam tanaman jeruk di rumah, buah yang satu ini dapat menurunkan risiko kanker. Sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam Indian Journal of Clinical Biochemistry menemukan bahwa kehadiran vitamin C dan asam folat selain antioksidan dalam jeruk dapat menurunkan risiko kerusakan DNA dan kanker.

Meskipun hal ini mungkin terjadi, penelitian lain menunjukkan bahwa jumlah vitamin C yang dibutuhkan untuk menurunkan risiko kanker lebih banyak daripada yang sebenarnya dapat dikonsumsi seseorang.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Perlu Menanam Pohon Jeruk di Halaman Rumah
Masuk ke Golongan Buah Subtropika, Ini Manfaat Buah Persik

3. Memperbaiki Kulit

Alasan lainnya perlu menanam jeruk di rumah karena buah ini dapat memperbaiki kerusakan kulit. Vitamin C adalah kontributor langsung untuk produksi kolagen, menurut sebuah studi pada 2017 yang diterbitkan di Nutrients. 

Selain itu, tinjauan medis tahun 2014 menemukan bahwa vitamin C yang dikonsumsi terbukti memperbaiki kekasaran kulit, kerutan, dan elastisitas.

Video Terkait