Mengenal Nanas Madu dan Efek Sampingnya jika Dikonsumsi Terlalu Banyak

Ilustrasi efek samping konsumsi nanas terlalu banyak. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Putri - Rabu, 8 Juni 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Nanas madu banyak digandrungi karena rasanya yang manis dan legit. Nanas ini cukup beda dari nanas kebanyakan, yang mana memiliki rasa sedikit asam.

Melansir Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, budidaya nanas madu bisa dilakukan dari ketinggian 0-1000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan suhu sekitar 23-32 derajat Celsius. Jenis tanah yang digunakan bisa di mana saja dengan pH 4,5-6,5.

Ciri-ciri nanas madu berukuran kecil, kulit oranye tua atau merah dan beratnya 46 ons dengan diameter 11 cm. Nanas madu biasanya harum dan manis.

Nanas madu mengandung vitamin A, B, dan C, kalium, potassium, tembaga, mangan, kalsium, magnesium, dan serat. Buah yang tersedia sepanjang tahun ini bisa menjadi pencuci mulut yang tepat.

Sifat anti-inflamasi yang dikandung oleh nanas dapat membantu mengobati rasa sakit dan pembengkakan pada osteoartritis dan cedera olahraga. Bromelain yang bertanggung jawab atas beberapa manfaat ini dapat bertindak sebagai agen antikanker yang potensial. Vitamin C juga dapat membantu mencegah perkembangan katarak dan penyakit jantung.

Meski menyehatkan, konsumsi nanas madu terlalu berlebihan juga dapat mengakibatkan efek samping. Berikut ini efek samping konsumsi nanas terlalu banyak:

1. Alergi

Efek samping konsumsi nanas madu terlalu banyak dapat menyebabkan alergi pada beberapa orang. Nanas memiliki sifat `melembutkan daging`yang memicu reaksi alergi. Gejalanya akan terasa seperti adanya rasa lembut yang berlebihan atau pembengkakan pada bibir, serta sensasi kesemutan di tenggorokan.

2. Kadar gula darah

Efek samping konsumsi nanas terlalu banyak dapat meningkatkan kadar gula darah. Nanas adalah salah satu buah yang gula alaminya sangat tinggi. Selain itu, dalam satu cangkir nanas dapat mengandung 15 gram karbohidrat.

Baca Juga: Mengenal Nanas Madu dan Efek Sampingnya jika Dikonsumsi Terlalu Banyak
Jeruk Langka! Ini Sederat Buah Penggantinya yang Tak Kalah Kaya Vitamin C

3. Reaksi Bromelain

Bromelain adalah enzim yang ditemukan dalam jus dan juga batang buah nanas. Bromelain memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah antibiotik tertentu yang diserap oleh tubuh. Dan bila bromelain dikonsumsi dengan pengencer darah, ini dapat meningkatkan risiko pendarahan. Gejala yang akan dirasakan adalah mual, diare dan gangguan pencernaan.

4. Interaksi obat

Nanas juga dapat mengganggu atau berinteraksi dengan obat tertentu. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan efek samping seperti nyeri dada, hidung berdarah, menggigil, demam, pusing dan sebagainya.

Video Terkait