5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mulai Berkebun

Ilustrasi - Berkebun di rumah. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Senin, 13 Juni 2022 | 23:00 WIB

Sariagri - Berkebun memang menjadi hal yang menyenangkan bahkan sangat baik untuk kesehatan mental. Namun sayangnya, masih banyak orang yang bingung untuk memulai berkebun. 

Jika kamu mengalami hal tersebut, simak hal yang perlu diketahui sebelum berkebun.

Menyuburkan tanaman dengan air rebusan

Tahukah Sobat Agri,air rebusan ternyata bisa menyuburkan tanaman loh. Jadi, jika kamu merebus atau mengukus beberapa sayuran di atas kompor, jangan langsung dibuang airnya.

Setelah air mendingin, coba tuangkan air sayuran tersebut ke tanaman untuk menyuburkannya. Hal yang sama juga bisa digunakan dengan air rebusan telur.

Tanaman harus selalu disiram

Jika kamu akan berlibur selama beberapa hari dan tak ada seorangpun di rumah untuk menjaga tanaman indoor, kamu bisa menggunakan handuk kertas. 

Caranya, gulung beberapa handuk kertas yang ada di dapurmu sekencang mungkin tanpa putus. Kemudian rendam ujungnya ke dalam segelas air dan letakkan sisanya di atas tanah tanaman, di mana setiap tanaman berjarak beberapa inci. Untuk alternatif, kamu bisa menggunakan sumbu kompor kecil atau tali kain atau apa pun yang mampu menahan dan mengunci air.

Cegah penyakit tanaman dengan kayu manis

Kayu manis memiliki beberapa kualitas anti jamur, dan aroma yang keluar bisa kamu manfaatkan menjadi aroma terapi. Taburkan ke permukaan tanah di tanaman untuk mencegah dan menghentikan penyakit pada bibit.

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mulai Berkebun
Mudah Banget, Begini Cara Memilih Semangka yang Sudah Matang

Perbanyak stek dengan madu

Madu mengandung enzim yang mendorong pertumbuhan akar. Maka dari itu, kalian bisa menggunakan madu untuk rooting hormone. Madu membantu menanam stek dalam pengaturan akar dan merambat dengan mudah dan juga menyelamatkan tanaman dari masalah jamur.

Kendalikan gulma

Salah satu cara mengatasi gulma yang muncul di kebun, yaitu sebelum meletakkan lapisan daun kering atau jerami di atas lahan tanam, tutupi lahan dengan koran dan kemudian taruh lapisan jerami tadi untuk mencegah rumput liar.

Video Terkait