5 Buah Tinggi Serat yang Wajib Kamu Konsumsi

Ilustrasi Apel (Unsplash)

Penulis: Triana, Editor: Putri - Jumat, 10 Juni 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Kamu mungkin tahu pentingnya serat bagi kesehatan pencernaan. Makanan tinggi serat tidak hanya bermanfaat untuk melancarkan buang air besar (BAB) atau mencegah penyakit kronis, tapi juga membantu menurunkan berat badan.

Tidak perlu bingung mencari sumber serat, sebab zat gizi ini terkandung dalam berbagai jenis makanan, salah satunya buah. Buah-buahan tertentu mempunyai kandungan nutrisi serta asupan serat yang tinggi guna menunjang kesehatan pencernaan.

Mengutip Mayo Clinic, berikut buah-buahan yang kaya akan serat. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah, bahkan pas untuk camilan. 

1. Alpukat

Keunikan buah alpukat terletak pada kandungan lemaknya yang tinggi, berbeda dari kebanyakan buah yang rata-rata mengandung karbohidrat. Tidak sekadar tinggi lemak, buah ini ternyata juga kaya akan serat.

Seratus gram alpukat mengandung 6,7 gram serat yang setara dengan 22 persen kebutuhan harian orang dewasa. Alpukat juga kaya akan vitamin B kompleks, C, E, serta berbagai jenis mineral yang bermanfaat bagi pencernaan.

2. Stroberi

Strawberry atau stroberi merupakan buah yang tidak sekadar lezat, namun sehat dan padat nutrisi. Buah ini mengandung banyak vitamin C dan berbagai antioksidan kuat.

Kandungan serat di dalamnya adalah 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar atau 2 gram per 100 gram. Kamu bisa mengonsumsinya dalam bentuk smoothies atau memakannya langsung.

3. Pir

Pir merupakan buah populer yang enak dan bergizi, serta mengandung banyak serat. Satu buah pir berukuran sedang mengandung 5,5 gram serat atau 100 gram buah yang dapat menyediakan 3,1 gram serat.

4. Pisang

Buah yang mengandung serat tinggi untuk diet berikutnya adalah pisang. Nutrisi lain pada pisang terdiri dari sodium, kalium, vitamin A, C, kalsium, zat besi dan karbohidrat.

Kandungan serat dalam satu buah pisang berukuran sedang yaitu 3 gram. Serat tersebut juga bisa membantu memberikan efek kenyang lebih lama.

Informasi lainnya menunjukkan bahwa serat pisang menyumbang 12 persen dari nilai harian yang direkomendasikan, dan secara langsung berkontribusi pada penurunan berat badan.

Baca Juga: 5 Buah Tinggi Serat yang Wajib Kamu Konsumsi
5 Buah Ini Disarankan untuk Dikonsumsi Beserta Kulitnya

5. Apel

Sejumlah studi menunjukkan bahwa apel merupakan buah terbaik untuk diet karena mengandung 80-125 kalori. Selain itu, nutrisi lain dalam satu buah apel adalah serat sebanyak 5 gram yang bermanfaat membantu proses metabolisme serta melancarkan pencernaan.

Sebuah analisis yang dipublikasikan dalam Obesity Review menyebutkan, komponen asam ursolat pada kulit apel sangat berguna untuk membakar kalori.

Video Terkait