Bisakah Bawang Putih Meredakan Sakit Gigi? Berikut Penjelasannya

Ilustrasi bawang putih. (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 10 Juni 2022 | 14:40 WIB

Sariagri - Sakit gigi dapat terjadi karena sejumlah alasan, termasuk gigi berlubang, gusi yang terinfeksi, kerusakan gigi, menggemeretakkan gigi, atau menggunakan benang gigi terlalu agresif.

Terlepas dari alasannya, sakit gigi tidak nyaman dan pastinya kamu ingin cepat sembuh jika mengalaminya.

Dalam kebanyakan kasus, kamu harus mengunjungi dokter gigi segera setelah merasakan sakit gigi. Tetapi ada pengobatan rumahan yang dapat membantu meringankan rasa sakit sebelum benar-benar mengunjungi dokter.

Salah satu obatnya adalah bawang putih. Mengapa bawang putih mampu meredakan sakit gigi?

Kamu mungkin menganggap bawang putih sekadar bumbu dapur yang menyedapkan berbagai masakan. Tetapi bawang putih mendapat banyak pujian karena kualitasnya dalam pengobatan selama berabad-abad.

Salah satu senyawa yang paling terkenal dalam bawang putih adalah allicin, yang memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Kedua kandungan tersebut dapat membantu membunuh beberapa bakteri yang terkait dengan sakit gigi. Allicin terdapat dalam bawang putih segar setelah dihancurkan atau dipotong.

Bisakah bubuk bawang putih mengobati sakit gigi?

Jika kamu tidak memiliki bawang putih segar, kamu mungkin tergoda untuk menggunakan bubuk bawang putih untuk mengurangi sakit gigi. Namun, bubuk bawang putih tidak mengandung allicin, sehingga tidak akan membantu mengatasi sakit gigi.

Allicin sebenarnya tidak ditemukan di bawang putih utuh, tetapi dibuat saat bawang putih dihancurkan, dikunyah, dicincang, atau diiris dan hanya ada dalam waktu singkat.

Mengunyah Bawang Putih

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, alicin ada saat bawang putih dicincang atau dikunyah. Untuk meredakan sakit gigi, kunyah perlahan satu siung bawang putih yang sudah dikupas.

Allicin yang terlepas akan membunuh bakteri yang mengakibatkan rasa sakit gigi. Biarkan bawang putih yang dikunyah menempel pada gigi.

Manfaat bawang putih untuk sakit gigi juga bisa dirasakan dengan membuat pasta bawang putih. Caranya, hancurkan bawang putih dengan sejumput garam, yang juga bersifat antibakteri dan dapat mengurangi peradangan.

Kemudian, campuran tersebut ke gigi yang sakit menggunakan jari atau kapas. Hindari menjejalkan bawang putih terlalu jauh ke dalam gigi sehingga tersangkut, terutama jika ada rongga.

Baca Juga: Bisakah Bawang Putih Meredakan Sakit Gigi? Berikut Penjelasannya
Tim Peneliti Unair Temukan Manfaat Konsumsi Fermented Garlic dari Bawang Putih

Beberapa orang alergi terhadap bawang putih. Jika kamu memiliki alergi bawang putih, hindari bawang putih sebagai pengobatan.

Bawang putih dianggap aman untuk dimakan jika kamu sedang hamil. Meski demikian makan terlalu banyak dapat menyebabkan mulas, bahkan jika kamu tidak hamil.

Video Terkait