Fakta Tanaman Vanili, Penghasil Aroma dan Rasa Unik Vanila

Tanaman Vanila. (Foto: Wikimedia Commons)

Editor: Putri - Sabtu, 11 Juni 2022 | 17:30 WIB

Sariagri - Bagi pencinta es krim, pasi tidak asing dengan rasa vanila. Namun tahukah dari mana aroma manis khas vanila berasal?

Terdapat tanaman penghasil rasa vanila yaitu pohon vanila atau di Indonesia lebih sering disebut pohon vanili. Buah dari pohon vanili biasanya digunakan untuk sebagai penyedap bahkan obat-obatan.

Mengutip Britannica, tanaman vanili memiliki batang panjat panjang dan berdaging yang menempel pada pohon melalui akar kecil di udara, namun akar juga menembus tanah.

Bunga vanili akan mekar pada satu waktu dan bertahan satu hari selama musim mekar, yang mana berlangsung sekitar dua bulan. Karena strukturnya yang mungil, bunga ini dapat diserbuki secara alami hanya oleh lebah kecil tertentu.

Di daerah di luar jangkauan penyerbuk, bunga diserbuki secara artifisial dengan jarum kayu segera setelah mekar. Bunga vanili bervariasi dari hijau pucat ke kuning ke putih krem.

Sementara buah vanili, berbentuk kapsul panjang, mencapai panjang penuh sekitar 20 cm dalam empat sampai enam minggu. Tetapi mungkin memakan waktu hingga sembilan bulan untuk matang. Segera setelah berubah menjadi hijau keemasan di pangkalan, buah vanili dipanen.

Namun sayangnya, kita tidak bisa bebas mendapatkan ekstrak vanili asli. Selain langka, buah vanili juga mahal. Setelah safron, vanila adalah rempah termahal di dunia.

Baca Juga: Fakta Tanaman Vanili, Penghasil Aroma dan Rasa Unik Vanila
5 Tanaman Ini Bisa Jadi Pewangi Ruangan Alami

Hanya lebah melipona, yang ditemukan di Amerika Tengah, yang dapat menyerbuki tanaman vanila. Di belahan dunia lain, manusia menduplikasi proses penyerbukan menggunakan jarum kayu.

Proses untuk menghasilkan ekstrak vanili juga terbilang sulit. Hal tersebut dikarenakan buah vanili harus dikeringkan terlebih dahulu dan proses pengeringannya memakan waktu tiga hingga enam bulan lamanya. 

Video Terkait