Mengenal Varisha Agrihorti, Krisan Pot yang Digandrungi Pecinta Tanaman

Varietas krisan pot Varisha Agrihorti. (Balitbangtan)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 13 Juni 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Salah satu komoditas prioritas yang dikembangkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) adalah krisan. Aneka varietas krisan yang dihasilkan memiliki keunggulan masing-masing. Sebagian besar varietas itu telah di diseminasikan ke berbagai wilayah di Indonesia melalui kolaborasi antar lingkup Balitbangtan dengan Dinas Pertanian selaku pelaksana teknis di daerah.

Selain krisan potong, Balitbangtan juga mengembangkan krisan jenis pot. Krisan jenis ini tengah digandrungi kalangan pecinta tanaman hias.

Dilansir laman Balitbangtan, krisan pot merupakan tanaman pot dengan keunggulan antara lain dapat diproduksi sepanjang tahun, waktu produksi dan pembungaan dapat diatur, penanganan tanaman dan kontrol kualitas relatif mudah.

Varietas krisan pot yang telah dilepas Balitbangtan yaitu Varisha Agrihorti. Varietas ini memiliki bunga tipe spray berbentuk ganda berwarna bunga pita ungu tua dan warna piringan bunga kuning. Pada umur 39-43 hari setelah tanam, tanaman ini berpotensi menghasikan 6-18 kuntum per tanaman.

Baca Juga: Mengenal Varisha Agrihorti, Krisan Pot yang Digandrungi Pecinta Tanaman
Tanaman Kopi Bisa Jadi Tanaman Hias Dalam Pot Lho

Keunggulan lainnya, batang berpenampang bulat berwarna hijau dengan daun berbentuk lonjong menjari serta lekukan dalam dan gerigi dengan tinggi 19 - 23,5 cm. Varisha Agrihorti sangat cocok dijadikan penghias ruangan atau meja kerja.

Krisan Varisha Agrihorti merupakan turunan essensial dari varietas Asyley dan Bonny. Varietas ini memiliki periode kesegaran bunga dalam ruangan (vase life) 17-20 hari dan beradaptasi baik untuk dikembangkan secara komersial di daerah dengan ketinggian lokasi 700-1.200 meter dari permukaan laut.