Berbagai Manfaat Bunga Telang, Tenangkan Pikiran hingga Cerahkan Kulit

Ilustrasi bunga telang (Pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 14 Juni 2022 | 20:40 WIB

Sariagri - Bunga telang adalah bunga berwarna biru yang berasal dari famili Fabaceae. Biasanya, bunga telang dikonsumsi dengan cara diolah menjadi minuman teh herbal bahkan untuk memasak. 

Kandungan antioksidan dalam bunga telang seperti polifenol, tanin, katekin serta fitonutrien yang berfungsi untuk meningkatkan memori pada otak. Antioksidan pada bunga telang juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

Mengutip Medicinenet, berikut manfaat bunga telang untuk kesehatan.  

1. Menenangkan Pikiran

Bunga telang diyakini dapat menjadi penghilang stres dan mengurangi gejala kecemasan. Dengan menjadikan bunga telang sebagai teh,  dapat menyegarkan otak dan meningkatkan energi dan stamina. Hal itu juga akan memengaruhi emosi atau energi positif dan menenangkan pikiran.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut

Bunga telang juga dikenal baik untuk pertumbuhan rambut. Sebab, bunga telang mengandung anthocyanin. Anthocyanin merupakan senyawa yang dikenal untuk meningkatkan sirkulasi darah di kepala dan menjaga kesehatan kulit kepala.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan bioflavinoid dalam bunga telang menjadi pasokan antioksidan untuk melindungi dan memperbaiki kesehatan jantung. Tak hanya itu, bunga telang juga mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat dalam aliran darah.

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Sejak dahulu bunga telang sering digunakan untuk mata bayi yang baru lahir untuk menjernihkan mata. Hal itu bukan tanpa alasan, bunga telang mengandung proanthocyanidin. Selain itu bunga telang juga mampu menurunkan pembengkakan dan kemerahan pada mata. 

Baca Juga: Berbagai Manfaat Bunga Telang, Tenangkan Pikiran hingga Cerahkan Kulit
Menanam Bibit Bunga Telang Cukup dengan 3 Langkah Berikut

5. Mencerahkan Kulit

Bunga telang mengandung tinggi flavonoid yang membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen tersebut sangat dibutuhkan oleh kulit untuk mengembangkan dan menjaga elastisitasnya.

Selain itu bunga telang juga mampu membersihkan tubuh dengan perawatan dari dalam untuk pencegahan bintik pada kulit dan mencerahkan kulit.

Video Terkait