Mengenal Melon Premium Alisha F1 dan Keunggulannya

Tangkapan layar Zoom - Melon alisha f1.

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 16 Juni 2022 | 15:20 WIB

Pegiat pertanian sekaligus Industrial Development Spesialist, Frengky Arya Saputra mengatakan melon alisha f1 merupakan buah melon premium. Buah ini masuk segmen melon golden dan sudah tersedia di pasar modern.

“Alisha ini memang kita develop sebagai melon premium, di mana melon premium beberapa kendalanya adalah di serangan virusnya,” ujarnya dalam Kelas Berkebun 2022, Kamis (16/6/2022).

Arya menjelaskan melon alisha memiliki bentuk bulat oval, dengan warna daging buah oranye, tingkat kemanisan (brix) di angka 12-17 persen, dan memiliki bobot buah rata-rata 1,2 – 1,8 kilogram, serta daya simpannya mencapai 9-10 hari.

“Keunggulan melon alisha f1 tahan gemini virus, warna kulit emas, super manis karena brix-nya di antara 12-17 dan bisa dibuahkan lebih dari dua, pengalaman petani konvensional yang saya dulu masih tugas di Lampung itu satu tanaman bisa sampai tujuh buah rekor tertinggi,” jelasnya.

Buah ini akan siap dipanen ketika memasuki usia 70 hari setelah tanam. Menurut Arya, ciri-ciri melon alisha siap panen dapat dilihat dari tangkai buah yang kering.

Baca Juga: Mengenal Melon Premium Alisha F1 dan Keunggulannya
3 Alasan Kenapa Perlu Menanam Pohon Jeruk di Halaman Rumah

“Bagaimana kita tahu caranya si Alisha sudah siap panen, biasanya kalau di melon kan ada yang tugasnya buat merambat ya yang seperti tangan-tangan kecil, itu biasanya sudah kering, nah itu tandanya sudah siap panen,” tandasnya.

Sariagri - Untuk diketahui, kelas berkebun 2022 merupakan acara yang diadakan Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Dinas Kominfotik Provinsi DKI Jakarta, PT East West Seed Indonesia, dan PT RASA AGRI dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kader PKK dan Masyarakat.