5 Buah Ini Sering Disalahpahami sebagai Sayuran

Ilustrasi sayuran. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Jumat, 17 Juni 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Untuk keperluan kuliner dasar, perbedaan antara buah-buahan dan sayuran dapat diringkas menjadi berikut ini: Buah-buahan umumnya manis dan sayuran umumnya gurih.

Namun tahukah bahwa ada buah-buahan yang justru dikenal sebagai sayuran? Hal tersebut dikarenakan buah-buahan ini kerap diolah menjadi lauk atau pendamping makanan seperti nasi atau kentang. 

Berikut daftar buah-buahan yang kerap disebut sayuran.

1. Mentimun

Mentimun sebenarnya adalah bagian dari keluarga cucurbit. Buah ini memiliki berbagai varietas yang berbeda, ada yang keras dan pahit, ada juga yang berkulit lembut dan manis. Mentimun biasanya dimakan langsung atau diolah menjadi acar. 

2. Labu

Seperti mentimun, labu memiliki segudang varietas dan sifat yang berbeda. Buah ini tumbuh dari bunga-bunga tanaman yang tumbuh di sepanjang tanah atau teralis.

3. Zaitun

Zaitun berasal dari daerah Mediterania Timur. Tahukah bahwa zaitun sangat pahit jika dimakan langsung dari pohonnya. Agar rasanya enak, zaitun perlu diawetkan dengan air atau air garam. Tidak sedikit juga orang-orang mencampur zaitun dengan cuka untuk memberi kesan asam manis.

Baca Juga: 5 Buah Ini Sering Disalahpahami sebagai Sayuran
Sering Dikonsumi, Ini Buah yang Diklaim Paling Banyak Mengandung Pestisida

4. Terong

Terong adalah buah paling umum dikenal karena warna ungu gelapnya. Buah terong tersedia dalam banyak varietas, bentuk, dan corak yang berbeda. Di Indonesia, terong biasa dijadikan sebagai bahan sayuran dengan ditumis atau digoreng. 

5. Jagung

Tahukah kamu bahwa jagung manis adalah buah? Ternyata setiap 'butir' kecil jagung itu adalah buah. Jagung biasanya berwarna kuning, meskipun ada juga varietas putih, biru, merah dan hijau.

Video Terkait