Jangan Simpan Kentang dan Bawang Bombay Dalam Satu Wadah, Ini Dampaknya

Ilustrasi kentang. (pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 17 Juni 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Demi menjaga kualitas bahan pangan, banyak orang memilih untuk menyimpannya di dalam kulkas seperti sayuran, buah, daging, ikan, maupun sederet bumbu dapur. 

Namun tahukah Sobat Agri, ada beberapa bahan makanan yang sebaiknya tidak disimpan secara bersamaan, seperti bawang bombay dan kentang. 

Seperti dilansir dari All Recipes, berikut alasan jangan menyimpan kentang dan bawang bombay dalam satu tempat. 

1. Dapat memperpendek usia penggunaan

Beberapa kemiripan pada kentang dan bawang bombay, misalnya seperti makanan yang menjadi sering digunakan hingga pertumbuhannya yang subur.

Artinya, dua bahan makanan ini sama-sama membutuhkan kondisi penyimpanan yang sama, yakni lingkungan yang sejuk, gelap dan berventilasi. Bahkan keduanya lebih baik ditaruh di meja atau lemari dapur.

Kendati demikian, hal-hal tersebut bukan berarti bahwa kentang dan bawang bombay harus disimpan secara bersamaan dalam satu tempat. Sebab, hal tersebut hanya akan memperpendek usia penggunaan keduanya.

Seperti diketahui, bawang bombay menghasilkan gas etilen tingkat tinggi, jika ditaruh bersamaan maka hal itu dapat menyebabkan kentang menjadi terlalu matang dan membusuk sebelum sempat diolah. Sementara kentang memiliki kadar air yang tinggi sehingga dapat menyebabkan bawang bombay menjadi cair dan bocor.   

Baca Juga: Jangan Simpan Kentang dan Bawang Bombay Dalam Satu Wadah, Ini Dampaknya
Selain Sehat, Protein Kentang Bagus untuk Menambah Massa Otot

2. Seputar gas etilen

Bawang bombay menghasilkan gas etilen yang dapat mematangkan kentang terlalu cepat dan membuatnya busuk. Gas etilen adalah hormon tanaman yang memiliki dampak besar pada pertumbuhan tanaman, terutama terkait seberapa cepat buah atau sayuran matang. 

Jika kamu menaruh buah atau sayuran yang menghasilkan gas ini, gas etilen akan memicu bahan makanan untuk matang lebih cepat. Sebenarnya gas etilen tidak sepenuhnya buruk, sebab kamu dapat memanfaatkannya jika ingin mematangkan buah atau sayuran dengan cepat, misalnya mematangkan pisang menggunakan apel.

Video Terkait