5 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi dalam Keadaan Mentah

Ilustrasi Sayuran (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 17 Juni 2022 | 19:40 WIB

Sariagri - Kita semua tahu bahwa sayuran baik untuk tubuh, tetapi yang mungkin tidak kamu sadari adalah sayuran mentah memiliki nutrisi yang berbeda dibandingkan dengan sayuran yang dimasak.

Dalam beberapa kasus, sayuran mentah lebih baik. Namun, beberapa sayur akan lebih banyak nutrisi jika dimasak. Sebenarnya tidak ada cara yang benar atau salah untuk makan sayuran.

Berikut sayuran yang baik dimakan mentah, mengutip Food for Net. 

1. Tauge

Kamu bisa makan tauge mentah sebagai salad atau pendamping makanan. Tekstur tauge yang renyah membuat makanan lebih nikmat.

Tauge memiliki rasa pedas dengan rasa pahit segar yang unik. Sayuran ini kaya akan vitamin C yang dapat memberi 23 persen dosis harian yang direkomendasikan. Selain itu sayuran ini tinggi serat dan protein.

2. Bit

Kamu bisa memarut bit mentah menjadi salad atau sebagai hiasan sup. Kamu juga bisa mengirisnya tipis-tipis dan cukup disiram dengan saus cabai dan lemon.

Selain itu, bit bisa membuat jusnya. Bit mentah memiliki rasa sedikit rasa pahit dan manis pada saat yang bersamaan.

Bit adalah sumber folat yang sangat baik. Selain itu mengandung vitamin C, magnesium, fosfor, dan sejumlah kecil vitamin A, kalsium, zat besi, tiamin, riboflavin, vitamin B6, tembaga, dan selenium.

3. Brokoli

Brokoli mentah sempurna untuk dijadikan salad, dan topping. Salad pasta dengan brokoli mentah juga nikmat untuk dicoba. Saat memakannya mentah, pastikan untuk memotong kuntumnya jauh dari batangnya.

Brokoli kaya akan vitamin C, secangkir brokoli dapat memberi vitamin C sebanyak jeruk. Juga mengandung zat besi, kalsium, fosfor, kalium, thiamin, riboflavin, seng, niasin, folat, dan vitamin A, B6, B12, D, E, dan K.

4. Bawang Merah

Bawang mentah mentah menambah lapisan rasa dan tekstur pada salad dan bisa dijadikan topping untuk burger atau sandwich.

Memiliki rasa yang tajam dan pedas dengan tekstur yang renyah dan crunchy. kamu dapat mengurangi rasa astringennya dengan merendamnya dalam air dingin selama beberapa menit.

5. Bayam

Bayam, terutama daunnya yang masih muda, sangat cocok untuk salad atau lalapan. Sayuran ini juga merupakan tambahan yang bagus untuk sandwich atau jus.

Baca Juga: 5 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi dalam Keadaan Mentah
Jajal Deh! Sayur dan Buah Ini Mampu Jaga Kesehatan Mata

Selain itu bayam akan menjadi dasar yang bagus untuk smoothie hijau juga. Bayam mentah memiliki rasa yang ringan dan sedikit manis.

Alasan bayam harus kamu konsumsi adalah karena sumber vitamin C dan K, karotenoid, asam folat, zat besi, dan kalsium yang sangat baik. Sayuran ini juga mengandung banyak senyawa tanaman seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin.

Video Terkait