Serupa Tapi Tak Sama, Intip Perbedaan Kencur, Jahe dan Kunyit

Ilustrasi bumbu dapur (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Sabtu, 18 Juni 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Bumbu dapur sangat banyak jenisnya. Dari sekian banyak itu ada beberapa yang memiliki bentuk yang serupa. Hal ini tentu saja membuat beberapa orang kebingungan dalam membedakannya. Adapun bumbu dapur tersebut yaitu kencur, jahe dan kunyit.

Meskipun bentuk ketiganya mirip, pada dasarnya bumbu tersebut memiliki bentuk dan ciri khasnya masing-masing. Bahkan, manfaat kencur dan bahan masakan lainnya pun tidak sama.

Berikut ini adalah perbedaan antara kencur, jahe, serta kunyit, yang harus Sobat Agri ketahui.

1. Bentuk

Ketiga bumbu dapur ini memang sama-sama termasuk golongan tanaman akar. Namun setiap bumbu tersebut memiliki cirinya sendiri.

Kencur memiliki penampakan kulit yang khas, berwarna kecokelatan dengan bagian dalam berwarna kuning pucat. Selain itu, kencur biasanya juga berbentuk agak bulat dan pendek.

Lain lagi halnya dengan jahe. Jahe memiliki bentuk yang juga hampir menyerupai ruas jari manusia. Hanya saja, bentuk tanaman ini biasanya membesar dibagian di tengahnya, tidak tampak ramping seperti kunyit.

Sementara bentuk kunyit justru sebaliknya. Kunyit berbentuk lebih panjang dengan ukuran yang menyerupai ruas jari manusia. Warna daging kunyit pun sangat berbeda ketimbang bumbu dapur lainnya, yakni lebih ke oranye.

Jika kamu memegang kunyit maka akan meninggalkan bekas warna di tangan. Hal ini dikarenakan kandungan kurkuminoid di dalamnya. Kurkuminoid adalah zat pemberi warna kuning yang biasanya terdapat pada kunyit dan temulawak.

2. Daun

Untuk tanaman kencur biasanya memiliki daun berjumlah 2-4 helai, dengan bentuk daun yang bulat lebar dengan susanan antar daun yang saling berhadapan satu dan lainnya.

Sedangkan tanaman jahe, memilki bentuk daun yang menyirip dan terbilang agak pendek. Sementara daun pada tanaman kunyit berjumlah sekitar 3-8 helai, dengan panjang daun bisa mencapai kurang lebih 70 sentimeter (cm).

Berbeda dengan bentuk daun tanaman kencur, ukuran daun tanaman kunyit lenih memanjang dengan bentuk lancip pada bagian ujungnya.

3. Bunga

Ada hal menarik yang dimiliki ketiga bumbu dapur ini, yakni mereka memiliki bunga pada masing-masing tanamannya. Pada kencur, bunganya berwarna putih dan dilengkapi dengan 4 helai mahkota.

Bunga ini disokong oleh tangkai yang tidak terlalu panjang. Lain hanya dengan bunga dari tanaman jahe. Bunga ini berukuran lebih lebar dan besar.

Bunganya pun biasanya hadir dengan warna merah, dengan gagang bunga yang bersisik.

Hampir sama dengan bunga kencur, namun bunga kunyit memiliki warna bunga yang cenderung agak keunguan dengan ukuran yang juga cukup kecil.

4. Aroma dan rasa

Perbedaan terakhir dapat dilihat dari aroma dan rasa. Ketiganya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Untuk kencur memiliki aroma yang sangat kuat, bahkan bisa agak menyeruak.

Rasanya pun sangat khas dan terbilang unik, yaitu ada sensasi pahit, pedas, tapi terasa hangat saat masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Intip Perbedaan Kencur, Jahe dan Kunyit
Jangan Salah! Ini Perbedaan Kunyit dan Temulawak yang Sering dianggap Sama

Sedangkan jahe cenderung memiliki rasa yang pedas, hal ini karena kandungan senyawa zingeron di dalamnya. Tak heran jika jahe kerap dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh saat musim hujan.

Lain halnya dengan kunyit, ia tidak memiliki rasa kuat seperti kencur atau pun jahe. Namun, kunyit memberikan rasa yang cukup manis dan tidak pedas saat dimakan.

Hal ini membuat banyak orang tidak terlalu menyadari telah memakan makanan dengan olahan kunyit di dalamnya.

Video Terkait