Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui!

Ilustrasi mengkudu. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 19 Juni 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Buah mengkudu yang merupakan tanaman asli Indonesia yang dipercaya memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Buah ini sering dimanfaatkan untuk obat tradisional, sedangkan batang dan akarnya bisa digunakan untuk pewarna alami.

Melansir BPTP Kalimantan Tengah Kementerian Pertanian, mengkudu memiliki nama ilmiah Morinda citrifolia. Mengkudu memiliki penyebutan yang berbeda di tiap daerah seperti keumeudee di Aceh.

Di Jawa, mengkudu disebut kudu, kemudu, pace, bentis. Penyebutan Sunda, mengkudu dikenal cangkudu. Untuk Nusa Tenggara, mengkudu disebut dengan wangkudu, manakudu dan bakulu.

Mengkudu memiliki bentuk dan aroma yang khas. Kebanyakan orang mengenal buah ini memiliki rasa yang tidak enak. Biasanya mengkudu diolah sebagai bahan sayur, rujak, jamu dan daunnya untuk nasi goreng.

Adapun manfaat mengkudu biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi, beri-beri, radang ginjal, radang empedu, radang usus dan radang amandel.

Manfaat mengkudu juga unutk menghambat pertumbuhan tumor dan sel penyebab kanker, melancarkan kencing, disentri, sembelit, nyeri limpa, leber dan liur berdarah.

Seringkali, manfaat mengkudu yang diyakini oleh masyarakat adalah sebagai pengobatan kencing manis, cacingan, cacar air, kegemukan, sakit pinggang, dan sakit perut.

Tidak hanya itu, mengkudu juga dapat bermanfaat untuk kecantikan seperti pelembut kulit, penghilang ketombe, antiseptik dan pembersih darah. Bahkan rebusan buah dan kulit batang atau akar dapat digunakan untuk mencuci luka dan ekzema.

Baca Juga: Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui!
Resep Minuman Herbal Bunga Telang yang Bikin Badan Jadi Segar

Melihat manfaatnya yang begitu kaya, dalam 100 gram mengkudu mengandung kalori banyak 167 kal, vitamin A 395,85 IU, vitamin C 175 mg, niasin 2,5 mg, zat besi 9,17 mg, kalsium 325 mg, natrium 335 mg, kalium 1,12 mg.

Selain itu, mengkudu mengandung protein 0,75 g, lemak 1,50 g dan karbohidrat 51,67 g. Mengkudu juga mengandung kandungan senyawa kimia seperti alkaloid, saponin, flavonoid, terpenoid dan antraquinon. Daun mengkudu mengandung polifenol.

Video Terkait