5 Fakta Kale, Sayuran Kaya akan Vitamin A dan C

Ilustrasi kale. (Pixabay)

Editor: Putri - Sabtu, 18 Juni 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Kale adalah anggota Brassicaceae, sama halnya dengan kubis. Sayuran ini memiliki manfaat membantu mengelola tekanan darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan melindungi terhadap kanker dan diabetes tipe 2.

Sayuran yang biasanya menjadi campuran smoothie ini mengandung serat, antioksidan, kalsium, vitamin C dan K, zat besi, serta berbagai macam nutrisi lainnya. Oleh sebab itu dapat membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Berikut fakta lainnya tentang kale yang perlu kamu ketahui.

1. Kale Telah Dibudidaya Selama Lebih dari 2.000 Tahun

Meskipun kale baru menjadi tren selama beberapa tahun terakhir, namun kale telah ditanam sejak abad keempat SM. Sebagai tanaman yang mudah tumbuh, kale adalah salah satu sayuran paling populer di Eropa hingga akhir abad pertengahan.

2. Kale Akan Terasa Manis Setelah Dibekukan

Kale adalah sayuran berdaun pahit, seperti halnya dengan kubis dan brokoli. Namun sayuran ini bereaksi terhadap embun beku dengan memproduksi gula. Oleh sebab kale akan menjadi sayuran yang manis.

3. Satu Cangkir Kale Mentah Memiliki Berbagai Nutrisi

Butuh vitamin A untuk kesehatan kulit, gigi, dan mata? Kale menyediakan 204 persen dari tunjangan harian kebutuhan vitamin A. Kita semua tahu betapa pentingnya Vitamin C, bukan? Sayuran berdaun hijau ini memiliki 134 persen dari kebutuhan harian vitamin C kamu.

4. Orang Jerman Memiliki Festival yang Didedikasikan Untuk Kale

Terdapat pertemuan tahunan Jerman utara yang dikenal sebagai Grünkohlfahrt. Para peserta pada dasarnya melakukan pendakian sambil menenggak bir dan korn (minuman keras yang terbuat dari gandum hitam atau jagung yang difermentasi).

Untuk menenangkan diri setelah meminum banyak minuman keras, mereka memakan grünkohl (kale) dan terus minum. Akhirnya, mereka berkeliling untuk mengumumkan Kohlkönig (Raja Kale), menghormati orang yang memakannya paling banyak, lengkap dengan piala.

Baca Juga: 5 Fakta Kale, Sayuran Kaya akan Vitamin A dan C
Deretan Sayuran yang Boleh Dikukus dan Bagaimana Mengukusnya dengan Baik

5. Baik untuk Kulit dan Rambut

Kale adalah sumber beta-karoten yang baik, karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A sesuai kebutuhan. Beta-karoten dan vitamin A diperlukan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Vitamin C yang ada pada kale dapat membangun dan memelihara kolagen, protein yang menyediakan struktur untuk kulit, rambut, dan tulang.

Video Terkait