Tak Disangka! Kulit Kentang Ternyata Ampuh Hilangkan Noda Karat

Ilustrasi kentang. (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tanti Malasari - Senin, 20 Juni 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Rasanya nikmat dan mudah diolah menjadi berbagai bahan makanan, tak heran jika hampir semua orang menyukai kentang.

Namun sayangnya kebanyakan orang ketika mengolah kentang kulitnya terbuang begitu saja. Padahal sisa kulit kentang ini bisa loh kamu manfaatkan.

Meski bukan untuk dikonsumsi kembali, melansir dari laman The Kitchen, kulit kentang bisa dimanfaatkan untuk pembersih noda karat.

Kamu mungkin masih bingung bagaimana kulit kentang digunakan untuk membersihkan noda karat. Pada dasarnya, kentang mengandung asam oksalat yang mengubah senyawa besi yang tidak larut menjadi ion kompleks yang larut.

Hal ini merupakan cara ilmiah bagaimana kulit kentang bisa menjadi alternatif bahan alami untuk pembersih noda karat.

Cara mengaplikasikannya cukup mudah, kamu bisa mengumpulkan kulit kentang untuk membuat larutan asam oksalat, sehingga larutan tersebut bisa dipakai membersihkan bintik-bintik berkarat.

Setelah terkumpul, rendam kulit kentang di dalam air. Gunakan air secukupnya untuk menutupi kulit kentang dan akan membuat asam oksalat menjadi setenang mungkin.

Baca Juga: Tak Disangka! Kulit Kentang Ternyata Ampuh Hilangkan Noda Karat
Begini Nih 3 Cara Usir Jerawat dengan Menggunakan Pepaya

Biarkan kulit kentang meresap, cukup biarkan 15 hingga 20 menit. Selanjutnya, kamu perlu mengeluarkan kulit kentang dari air rendaman. Setelah itu, air bekas rendaman kulit kentang bisa kamu campurkan dengan sedikit soda kue untuk membentuk pasta.

Gunakan pasta tersebut untuk membersihkan karat dari gunting, pisau, atau bahkan peralatan berkebun. Oleskan pasta di atas area berkarat, biarkan selama 20-30 menit, lalu gosok, cuci, dan bilas.

Dijamin peralatan besi yang sebelumnya berkarat akan terlihat seperti baru lagi.

Video Terkait