Ada Sejak Tahun Masehi, Ini Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan

Ilustrasi buah tin. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Dera - Kamis, 23 Juni 2022 | 07:00 WIB

Sariagri - Buah tin atau dikenal buah ara sudah dikenal manfaatnya sejak tahun 1400 Masehi. Manfaat buah tin ubagi kesehatan pun beragam, salah satunya mengatasi bronkitis.

Melansir sejumlah sumber, buah yang satu ini banyak ditemukan di Asia Barat hingga akhirnya dibudidayakan di Indonesia. Buah ini bahkan sering dijadikan sebagai pemanis alami.

Dalam 100 gram buah tin misalnya, mengandung 74 kalori, 0,75 gram protein, 19,18 g karbohidrat, 2,9 g serat, 16,26 g gula dan 35 miligram kalsium.

Selain itu, buah tin juga mengandung 232 mg kalium, 2 mg vitamin C dan 0,113 mg vitamin B-6. Buah tin pun mengandung tiamin, riboflavin dan niasin.

Adapun manfaat buah tin untuk kesehatan adalah:

Menjaga sistem pencernaan

Manfaat buah tin biasanya digunakan untuk menyehatkan dan mengencangkan usus. Biasanya buah yang memiliki nama latin Ficus carica ini biasanya digunakan sebagai pencahar alami karena kandungan seratnya.

Baca Juga: Ada Sejak Tahun Masehi, Ini Manfaat Buah Tin bagi Kesehatan
4 Kulit Buah yang Bisa Dimakan dan Menyehatkan

Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat buah tin juga berguna untuk meningkatkan kepadatan tulang karena kandungan kalsium dan potasium yang baik.

Sebagai antioksidan

Buah ara yang sudah matang kaya dengan senyawa tanaman pelindung atau polifenol yang bersifat antioksidan. Buah ini dapat mencegah oksigen bereaksi dengan bahan kimia dan mengakibatkan kerusakan pada sel dan jaringan.

Menurunkan tekanan darah

Buah ara bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang berpotensi menyebabkan komplikasi seperti jantung dan stroke.

Video Terkait