Negara Ini Larang Pekerja Subkontrak untuk Industri Alpukat dan Beri

Ilustrasi alpukat. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 21 Juni 2022 | 17:35 WIB

Sariagri - Pemerintah Meksiko mengatakan akan melarang pekerja harian subkontrak dalam industri alpukat dan beri. Salah satunya untuk memastikan bahwa perusahaan-perusahaan mematuhi persyaratan di bawah kesepakatan perdagangan dengan Amerika Serikat dan Kanada.

Menteri Ketenagakerjaan, Luisa Maria Alcalde mengatakan pihaknya akan mempublikasikan pedoman untuk mencegah industri-industri menggunakan tenaga kerja subkontrak untuk aktivitas-aktivitas tertentu.

Secara spesifik, pedoman tersebut akan melarang subkontrak untuk pemetik alpukat dan beri. Komoditas tersebut diekspor ke Amerika Serikat dengan nilai yang mencapai miliaran dolar.

Alcalde mengumumkan kebijakan tersebut dalam sebuah pertemuan di Uruapan, Michoacan, negara bagian produsen alpukat tertinggi di Meksiko.

Gubernur Michoacan Alfredo Ramirez juga turut hadir dalam pertemuan tersebut, dan menegaskan bahwa sistem ketenagakerjaan formal penting untuk perusahaan-perusahaan guna mengikuti ketentuan dalam kesepakatan kerja sama AS-Meksiko-Kanada, juga untuk membayar “utang yang bersejarah” kepada para pekerja harian.

Baca Juga: Negara Ini Larang Pekerja Subkontrak untuk Industri Alpukat dan Beri
4 Tips Agar Daging Buah Alpukat Tak Berubah Warna Cokelat

Penanaman alpukat akhir-akhir ini terdampak oleh kekerasan kelompok atau geng, terutama di Michoacan. Amerika Serikat untuk sementara menunda impor alpukat dari negara bagian tersebut tahun ini usai seorang regulator AAS menerima ancaman.

Alcalde mengatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan akan bekerja dengan perusahaan-perusahaan untuk “memulai proses regularisasi, sehingga ada garis dasar yang adil, untuk mengeliminasi kompetisi yang tak adil serta mempromosikan penghormatan untuk hak-hak individual dan kolektif.

Video Terkait