Perkenalkan, Ini Varietas Durian Baru, J Sparrow dan Jerai

Ilustrasi durian dengan varietas baru. (Foto headtopics.com)

Editor: M Kautsar - Selasa, 21 Juni 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Durian adalah salah satu buah eksotis Asia yang banyak peminatnya, karena itu pengembangan varietas baru terus dilakukan untuk mendapatkan kualitas durian yang lebih baik. Varietas durian terbaru yang sudah diluncurkan adalah D216 (J. Sparrow) dan D217 (Jerai).

Dua varietas durian tersebut dikembangkan oleh Departemen Kedokteran Kedah, dan baru ditanam di kebun durian di Kampung Ketapang, Sungai Tok Pawang, Bedong. Karenanya dua durian ini belum ada di pasar terbuka, namun masyarakat bisa membeli durian dan bibitnya di kebun tersebut.

Ketua Industri Pertanian dan Makanan Negara, Industri Perkebunan dan Komoditas, Transportasi dan Urusan Masyarakat India Datuk Azman Nasrudin mengatakan bahwa klon durian akan menjadi produk baru bagi pecinta buah.

"Kami menawarkan durian varietas baru yang diharapkan akan banyak peminatnya, varietas klon D216 dan D217 memiliki keunikan rasa dan bentuknya masing-masing yang diharapkan akan banyak diminati oleh para pecinta durian," ujar Azman, seperti dilansir The Star.

Ia menambahkan, ciri khas durian J. Sparrow adalah warna dagingnya yang utama adalah kuning-coklat muda dengan aroma sedang, sedangkan rasa manisnya rata-rata 35,3 persen Brix (kadar gula dalam larutan air) dengan rasa pahit sedang.

Sedangkan warna utama daging buah Durian Jerai adalah kuning muda dan memiliki aroma yang kuat, rasa manis rata-rata 35 persen Brix dengan kepahitan sedang. Teksturnya kasar sedang dan rasa creamy yang kuat.

Baca Juga: Perkenalkan, Ini Varietas Durian Baru, J Sparrow dan Jerai
Tahun Ini, Penang Terancam Kekurangan Pasokan Durian



Azman berharap agar para pekebun durian bisa menanam lebih banyak lagi jenis durian tersebut sehingga varietas baru ini bisa banyak tersedia di pasaran. Saat ini, ada tujuh pohon durian J. Sparrow yang dan dengan 10 pohon untuk varietas Jerai.

Durian J Sparrow dijual dengan harga antara RM35-RM45 (sekitar Rp116-150) per kg, dan varian Jerai dengan harga RM20-RM35 (sekitar Rp66-116) per kg.

Video Terkait