Deretan Sayuran dan Buah Ini Dapat Melawan Jerawat

Ilustrasi buah. (Pixabay)

Editor: Putri - Selasa, 21 Juni 2022 | 20:10 WIB

Sariagri - Kulit dapat memberi tahu apa yang sedang terjadi ada dirimu. Jika malu, warnanaya memerah bahkan ketika stres juga memberi tanda seperti menjadi kusam atau berjerawat.

Tidak hanya karena stres, makeup yang tidak cocok atau kurang buah dan sayur, kulit "memberi tahu" dengan munculnya jerawat. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan memainkan peran penting pada jerawat di kulit.

 

Mengutip Healthline, berikut sayuran dan buah yang dapat menjauhkanmu dari jerawat.

1. Kale

Antioksidan, vitamin, dan mineral dalam kale dapat mengurangi hiperpigmentasi, yang merupakan kunci untuk meratakan warna kulit. Vitamin C juga meningkatkan pembentukan kolagen, membantu memperbaiki bekas jerawat lebih cepat dengan meningkatkan tingkat pergantian sel.

Untuk merasakan manfaat tersebut, tambahkan secangkir kale ke smoothie. Kamu juga bisa membuat tumis kale dengan sedikit minyak sebagai lauk lezat untuk makan siang atau makan malam.

2. Ubi jalar

Retinol, turunan vitamin A, sangat ideal untuk memerangi jerawat dan menghilangkan kerutan. Ada ratusan krim dan serum retinol di pasaran yang menjanjikan untuk menghilangkan jerawat.

Tetapi bagi mereka yang berusia di bawah 30 tahun, bahan ini mungkin terlalu keras untuk kulit. Jadi, makanlah ubi jalar sebagai gantinya. Beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A, adalah salah satu alasan mengapa ubi jalar memiliki warna oranye yang kaya dan indah.

Setelah makan ubi jalar, tubuh akan mengubah beta-karoten menjadi vitamin A. Vitamin ini memiliki sifat yang akan bertindak sebagai penghalang kulit terhadap perubahan warna, peradangan, dan pori-pori tersumbat yang sering disebabkan oleh radikal bebas.

3. Lemon

Jus lemon bekerja sebagai zat alami, itulah sebabnya dapat mengencangkan kulit yang kendur dan menyamarkan noda. Namun, menggunakannya langsung kek kulit tidak dianjurkan.

Jus lemon terlalu asam dan dapat merusak pelindung kulit, menyebabkan kulit menjadi terlalu terang atau gelap setelah terpapar sinar matahari. Tetapi kamu bisa merasakan khasiat lemon dalam serum atau diperas menjadi campuran salad. 

4. Labu

Sarat dengan enzim buah, seng, dan asam alfa hidroksi, labu dapat melembutkan kulit dan mengembalikan keseimbangan pH. Itu sebabnya labu digunakan sebagai masker dan produk kecantikan kulit untuk pengelupasan.

Baca Juga: Deretan Sayuran dan Buah Ini Dapat Melawan Jerawat
Buah dan Sayuran Ini Bisa Redakan Migrain

5. Kacang-kacangan

Apa kesamaan buncis, kacang merah, lentil, dan kacang tanah? Kacang-kacangan ini rendah glikemik, sehingga dikaitkan dengan kadar gula darah yang lebih konsisten dan sedikit jerawat.

Makanan yang mengandung glikemik tinggi, termasuk cokelat, sereal sarapan, bagel, dan nasi putih, dapat menyebabkan lonjakan gula darah. Penelitian menunjukkan lonjakan gula tidak hanya menyebabkan diabetes tipe 2, serangan jantung, dan stroke, tetapi juga dapat berdampak buruk pada kulit.

Video Terkait