Ketahui Jenis Bunga Aglonema, yang Sempat Populer Saat Pandemi

Ilustrasi bunga aglonema (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Rabu, 22 Juni 2022 | 14:10 WIB

Sariagri - Bunga aglonema adalah tanaman hias yang termasuk dalam keluarga talas-talasan. Bunga ini memiliki bentuk daun yang unik, corak serta warna yang menarik. Saat masa pandemi, kepamoran aglonema sempat membuatnya menjadi primadona.

Hal ini jugalah yang membuat harga bunga aglonema sempat melambung tinggi. Meski begitu, tak mengurungkan niat para pecinta tanaman hias untuk tetap memburu bunga ini. Banyak dari mereka yang menjadikan bunga ini sebagai pajangan atau bisnis yang menjanjikan.

Jenis-jenis Bunga Aglonema

Tahukah kamu sebenarnya nama “aglonema” diambil dari bahasa Yunani. Kata Aglo sendiri berarti terang dan Nema artinya benang. Di Indonesia, tanaman ini juga sering disebut sebagai tanaman sri rezeki.

Tidak hanya bunga aglonema putih, ada banyak sekali macam-macam bunga aglonema yang bisa ditemukan di Indonesia. Hal ini tak lain karena Indonesia memiliki iklim yang sangat cocok untuk pertumbuhan bunga cantik ini.

Perlu diketahui habitat aglonema memang berada di hutan hujan tropis. Lantas bunga aglonema apa saja yang ada di Indonesia? Intip jenis-jenisnya dibawah ini!

1. Aglaonema Widuri atau Red Peacock

Setiap jenis aglonema memiliki ciri khasnya masing-masing. Namun tanaman aglonema jenis ini menjadi yang paling banyak dicari. Ciri khas yang paling menonjul yaitu memiliki tulang daun yang berwarna merah sehingga membuatnya semakin indah.

Jenis ini juga bisa dikatakan sebagai bunga aglonema termahal, sebab untuk mendapatkannya harus merogoh kocek hingga ratusan juta untuk mendapatkan tanaman indah ini.

2. Aglaonema Cinta

Tanaman sri rezeki yang satu ini disebut juga dengan nama aglaonema cinta. Alasannya bentuk daun dari tanaman ini melengkung pada kedua pangkal menyerupai hati. Aglonema ini hadir dengan kecantikan dan warna yang mencolok.

Tak heran jika ia dijadikan sebagai dekorasi untuk mempercantik ruangan.

3. Aglaonema Suksom

Ada hal unik yang dimiliki aglonema ini. Sebab ia tidak memiliki corak dan daunnya polos namun memiliki warna merah yang mencolok. Hal ini dikarenakan daun tanaman ini tidak memiliki banyak klorofil.

Meski begitu harga sri rezeki yang satu ini dijual dengan harga yang tidak murah. Berbeda dengan jenis lainnya, aglaonema suksom ini Daun

4. Aglaonema Claudia

Selanjutnya ada aglonema Claudia. Jenis ini berasal dari Thailand. Lain halnya dengan jenis suksom yang memiliki warna merah menyala, aglonema claudia justru hadir dengan daun yang berwarna hijau pucat dan tulang daun berwarna pink.

Namun tak mengurungkan niat para pecintanya untuk tetap memiliki. Bahkan bibitnya saja banyak yang mengincar dan laku keras.

5. Agalonema Anyamanee

Jenis lainnya ada agalonema anyamanee. Tanaman hias ini memiliki pesona yang unik, yakni memiliki daun yang lebar dan berwarna warni. Tidak tanggung-tanggung tanaman ini memiliki tiga warna yang cantik yaitu hijau, putih, dan merah.

Jenis aglonema ini juga termasuk tanaman hias yang berharga fantastis.

6. Aglaonema Pride of Sumatera

Aglonema ini dicirikan dengan bentuk daun yang tidak begitu lebar. Pada bagian atas warnanya hijau tua sedangkan bagian bawahnya berwan merah maroon. Untuk batangnya tanaman ini berwarna merah dengan sedikit gradasi putih pada bagian bawahnya.

Tidak hanya di Indonesia, pesona aglaonema ini juga menjadi daya tarik masyarakat luar negeri. Hal ini dibuktikan dengan dimenangkannya kontes tanaman hias internasional di Belanda pada 2002 silam.

7. Aglaonema Lipstik

Dibandingkan aglonema populer lainnya yang memiliki harga fantastis, aglonema lipstick masih bisa di dapatkan dengan harga terjangkau. Sesuai namanya, tanaman ini memiliki tepi daun dengan warna merah cerah sehingga terlihat seperti bibir yang mengenakan lipsik. Meski begitu, tampilannya tetap menawan.

8. Aglaonema Legacy

Secara fisik, aglonema ini terlihat mirip dengan jenis aglonema widuri. Namun bentuk daun legacy lebih lebar pada bagian pangkal dan ujung runcing. Sementara tulang daunnya berwarna merah dan pada bagian daunnya memiliki bercak berwarna hijau muda.

Baca Juga: Ketahui Jenis Bunga Aglonema, yang Sempat Populer Saat Pandemi
Aglonema, Tanaman Hias Cantik dengan Harga Fantastis

9. Aglaonema Adelia

Hampir sama seperti aglonema legacy, namun yang membedakan daun aglonema adelia terlihat lebih panjang dan ramping. Panjangnya bisa mencapai 30 cm dengan corak dominan hijau tua serta bercak kuning dan merah muda.

Pada tulang daun tanaman ini juga berwarna merah sehingga membuat penampilannya menarik.

10. Aglaonema Nitidum

Jenis aglonema yang tak kalah populer adalah nitidum. Tanaman yang satu ini memiliki keunggulan tersendiri, sebab bisa tumbuh dalam kondisi gelap alias minim matahari. Maka dari itu, nitidum cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Video Terkait