5 Jenis Bunga Aster yang Paling Banyak Diminati

Ilustrasi budidaya bunga aster (pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 23 Juni 2022 | 14:00 WIB

Sariagri - Bunga aster adalah salah satu jenis tanaman berbunga yang telah dibudidayakan dan dikembangkan sejak lama. Bunga ini telah terbagi menjadi ratusan spesies yang masing-masing memiliki ciri dan keindahan tersendiri.

Sebagai tanaman, aster memiliki makna tersendiri. Arti bunga aster yaitu melambangkan kemurnian, kesetiaan, kesabaran, juga kesederhanaan. Bunga daisy putih klasik dikaitkan dengan kerendahan hati.

Ciri-ciri Bunga Aster

Aster memiliki tampilan khusus dengan keindahan yang memikat banyak mata pecinta tanaman hias. Adapun ciri-ciri fisik aster adalah sebagai berikut:

1. Bunga

Aster sering dihubung-hubungkan atau dianggap mirip dengan bunga krisan. Padahal keduanya merupakan jenis yang berbeda. Perbedaan bunga aster dan krisan terletak pada masa hidup, bentuk daun dan juga bunganya sendiri.

Aster memiliki bunga dengan kelopak berbentuk bulat dan tersusun rapi membentuk lingkaran. Warna bunganya juga sangat cerah, mulai dari merah, ungu, putih hingga kebiruan yang mengeluarkan aroma wangi yang lembut.

Ciri khas lain dari aster yaitu terlihat warna kuning dibagian tengahnya.

2. Ukuran

Ukuran aster tidak terlalu tinggi, ia hanya bisa tumbuh sekitar 30 sampai 70 cm. Namun, ada juga jenis aster yang bisa tumbuh lebih dari 70 cm.

3. Batang

Aster merupakan tanaman yang ditopang olah batang dengan beberapa cabang, yang mana tempat ini menjadi tempat tumbuhnya bunga, yaitu pada bagian ujungnya.

4. Daun

Uniknya meski aster memiliki bunga yang berukuran relatif kecil, tetapi daun aster memiliki ukuran cukup lebar dengan warna hijau. Yang mana pada bagian tepi daun terdapat tekstur bergerigi.

Jenis Bunga Aster

Diantara jenis aster, ada beberapa yang paling banyak diminati, antara lain:

1. Aster Kuning

Jenis aster ini berasal dari Amerika Utara, yang tersebar di barat laut Nevada hingga ke barat daya Oregon. Ia banyak tumbuh di kawasan California, terutama di pegunungan Sierra Nevada.

Bentuk bunga yang punya nama latin Eucephalus breweri ini menyerupai bintang dan berwarna kuning yang lembut. Ketinggiannya aster kuning dapat mencapai 1 meter dengan ukuran bunga sekitar 5 cm.

2. Aster Biru

Jenis kedua ada aster biru. Jenis yang sangat populer karena warna bunga aster ungu kebiruannya yang sangat indah. Bunga yang memiliki nama latin Symphyotrichum leave ini, merupakan spesies yang berasal dari Kanada, dengan tinggi tanaman sekitar 70 cm.

3. Aster Kayu Biru

Jenis ini berasal dari bagian timur Amerika Utara. Ia dapat tumbuh dengan baik hingga di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Pada bulan Agustus sampai Oktober, bunga ini akan bermekaran dengan indahnya.

Jenis aster yang satu ini memiliki warna yang lebih lembut atau lebih muda, tepatnya berwarna keunguan atau kebiruan dan cenderung putih.

4. Aster Alpen

Aster alpen adalah jenis aster yang berasal dari pegunungan di Eropa dan menjadikannya bunga favorit bagi masyarakat Eropa. Meski begitu ia juga dapat tumbuh di Amerika Serikat dan Kanada.

Tanaman ini tidak dapat tumbuh tinggi, yaitu sekitar 15 sampai 30 cm. Saat akhir musim semi atau awal musim panas, aster alpen akan bermekaran dengan warna ungu muda, dengan bagian tengah berwarna kuning.

Baca Juga: 5 Jenis Bunga Aster yang Paling Banyak Diminati
Bazar Bunga Potong di DKI Tembus Omzet Rp1 Miliar

Namun spesies ini juga menghasilkan warna lain, seperti merah muda dan kebiruan.

5. Aster Putih

Aster yang mempunyai nama latin Symphyotrichum ericoides ini berasal. Asal dari Amerika Utara dan Meksiko bagian utara. Ukuran bunganya termasuk kecil dibanding spesies aster lain, yaitu sekitar 8,5 sampai 13 mm, dengan tingginya sekitar 30 hingga 90 cm.

Sesuai namanya, bunga aster putih berwarna putih, namun ada juga yang berwarna merah muda dengan bagian tengah yang berwarna kuning. Bunga ini akan mekar di akhir musim panas hingga musim gugur.

Video Terkait