Bunga Udumbara, ‘Si Mungil’ yang Langka dan Hanya Mekar 3000 Tahun Sekali

Ilustrasi bunga udumbara (Istimewa)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 23 Juni 2022 | 16:00 WIB

Sariagri - Bunga udumbara adalah flora yang dikenal istimewa. Namanya sudah tersohor di seantero benua Asia semenjak penemuannya yang menghebohkan seluruh dunia. Pasalnya bunga ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Keindahan bunga ini juga seolah kasat mata karena sangat sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Ia hanya bisa dilihat jika dibantu dengan kaca pembesar atau jika diteliti dengan seksama. Ukurannya tak sampai satu sentimeter. Bahkan diketahui paling panjang hanya dua milimeter.

Fakta bunga udumbara

Bunga dengan nama lain youtan poluo dan udonge ini,merupakan jenis bunga langka. Berdasarkan sejarah, konon bunga ini hanya mekar dalam kurun waktu 3000 tahun sekali.

Namun ketika bunga udumbara mekar ia akan mengeluarkan semerbak wangi yang sangat kuat dan bisa memenuhi seluruh ruangan.

Berkat kelangkaan dan segala yang ada di dalam bunga ini membuatnya menjadi sangat menarik untuk diulik. Berikut fakta yang harus kamu tahu tentang bunga mungil ini. Yuk simak!.

1. Disebut sebagai bunga dari surga

Nama bunga ini berasal dari bahasa sansekerta, yaitu udumbara yang berarti bunga dari surga. Pemberian nama pada bunga ini pun mengisyaratkan makna dan legenda yang melekat kuat pada bunga ini.

Oleh karena itu kehadiran bunga ini ketika muncul dan mekar di suatu tempat di anggap menjadi sesuatu yang akan membawa keberuntungan. Warnanya yang putih bersih juga menandakan kesucian yang membawa berkat dari surga.

2. Dapat tumbuh di berbagai permukaan

Keunikan lainnya yaitu bunga ini akan bermekaran pada berbagai permukaan benda. Selain tanah, ia juga kerap mekar di permukaan logam, kayu, daun bahkan juga pernah ditemukan tumbuh melekat pada wajah patung budha.

3. Tumbuhan parasit

Bunga yang satu ini tergolong dalam kategori parasit yang akan tumbuh dan menyerap nutrisi dari inangnya. Meskipun jadi parasit tapi kehadirannya tidaka akan terlalu berpengaruh atau merugikan, sebab ukuran bunga ini sendiri yang memang sangat kecil.

4. Memiliki aroma yang semerbak

Salah satu ciri yang mengisyaratkan keberadaan bunga udumbara ini adalah bau wanginya yang semerbak dan kuat. Bentuknya bahkan terlihat mirip telur serangga, sehingga tidak banyak orang yang menyadarinya. Namun yang tercium hanya aroma harum yang tajam.

5. Tanaman yang tahan banting

Meski ukurannya yang terbilang sangat kecil, perlu diketahui faktanya bunga ini justru termasuk bunga yang kuat dan tahan banting. Bahkan ia juga dikenal mampu mekar cukup lama.

6. Lekat dengan kepercayaan budha

Keberadaan bunga udumbara beberapa kali disebutkan dalam kitab suci budhissme seperti dalam Kitab Suci Buddhis aliran Mahayana, Sutra Teratai yang berbunyi “Sebuah bunga legendaris, mekar setiap 3.000 tahun sekali, memberitakan datangnya Sang Raja Roda Emas”.

Baca Juga: Bunga Udumbara, ‘Si Mungil’ yang Langka dan Hanya Mekar 3000 Tahun Sekali
5 Jenis Bunga Aster yang Paling Banyak Diminati

7. Muncul pemimpin yang adil

Dalam kepercayaan budha, bunga ini sering disebut-sebut sebagai pertanda akan datang seorang pemimpin yang adil dan bijaksana. Hal tersebut tertulis dalam kitab suci budhis Huilin Phonetics and Interpretations, “Bunga Udumbara adalah produk dari adanya pertanda gaib dan tidak baik; sebuah bunga langit yang tidak dapat ditemukan di dunia manusia.

Apabila Raja Roda Emas turun ke dunia manusia, bunga ini akan muncul mengikuti kemunculan kebajikan serta berkah yang melimpah ini.”

Video Terkait