Karakteristik Bunga Daisy dan Makna yang Terkandung di Dalamnya

Ilustrasi bunga daisy (Pxhere)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 23 Juni 2022 | 17:00 WIB

Sariagri - Siapa yang tak terpesona dengan bunga daisy. Bunga ini memiliki warna yang jernih dan indah, sehingga cocok digunakan sebagai dekorasi untuk buket bunga dan dipadukan dengan bunga lainnya. Buket bunga ini bisa diberikan sebagai ucapan selamat atas pencapaian atau prestasi seseorang.

Ciri-ciri bunga daisy

Bunga yang memiliki nama ilmiah Bellis perennis ini, merupakan tanaman dari Tiongkok. Nama daisy sendiri diambil dari bahasa kuno “Daes Eag” yang artinya “mata sebuah hari” karena dia mekar hanya mulai dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Meski tampak sederhana, bunga ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yaitu selalu mekar ketika matahari terbit dan akan kembali menguncup ketika matahari sudah terbenam.

Penasaran dengan bunga yang satu ini, yuk simak penjelasan mengenai ciri-ciri bunga yang dikenal dengan nama aster.

• Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 30 hingga 70 cm.
• Kelopak bunganya saling bertumpuk dan bersusun rapi seperti bunga kertas
• Ada jenis yang cukup populer antara lain Marguerite daisy, African daisy,dan Shasta daisy.
• Mudah dibudidaya di mana saja kecuali di Antartika.
• Termasuk ke golongan edible flower, daisy biasa digunakan untuk topping salad atau the herbal.
• Bunga ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, seperti meringankan gejala masuk angin dan flu, pereda rasa sakit, obat diare, dan permasalahan pencernaan lainnya.
• Memiliki banyak nektar sehingga membuatnya kerap dihinggapi lebah untuk dijadikan madu.

Jenis-jenis bunga daisy

Diantara jenis daisy, ada beberapa yang paling banyak diminati, antara lain:

1. Daisy Kuning

Bentuk bunga yang punya nama latin Eucephalus breweri ini menyerupai bintang dan berwarna kuning yang lembut. Ketinggiannya daisy kuning dapat mencapai 1 meter dengan ukuran bunga sekitar 5 cm.

2. Daisy Biru

Jenis kedua adalah daisy biru. Jenis yang sangat populer karena warna bunga daisy ungu kebiruannya yang sangat indah. Bunga yang memiliki nama latin Symphyotrichum leave ini, merupakan spesies yang berasal dari Kanada, dengan tinggi tanaman sekitar 70 cm.

3. Daisy Kayu Biru

Jenis ini berasal dari bagian timur Amerika Utara. Ia dapat tumbuh dengan baik hingga di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Jenis daisy yang satu ini memiliki warna yang lebih lembut atau lebih muda, tepatnya berwarna keunguan atau kebiruan dan cenderung putih.

4. Daisy Alpen

Daisy alpen berasal dari pegunungan di Eropa dan menjadikannya bunga favorit bagi masyarakat Eropa. Meski begitu ia juga dapat tumbuh di Amerika Serikat dan Kanada.

Tanaman ini tidak dapat tumbuh tinggi, yaitu sekitar 15 sampai 30 cm. Saat akhir musim semi atau awal musim panas, daisy alpen akan bermekaran dengan warna ungu muda, dengan bagian tengah berwarna kuning.

Namun spesies ini juga menghasilkan warna lain, seperti merah muda dan kebiruan.

5. Daisy Putih

Daisy yang mempunyai nama latin Symphyotrichum ericoides ini berasal. Asal dari Amerika Utara dan Meksiko bagian utara. Ukuran bunganya termasuk kecil dibanding spesies daisy lain, yaitu sekitar 8,5 sampai 13 mm, dengan tingginya sekitar 30 hingga 90 cm.

Baca Juga: Karakteristik Bunga Daisy dan Makna yang Terkandung di Dalamnya
Sejarah Bunga Lavender, Hingga Makna yang Terkandung di Dalamnya

Arti bunga daisy sesuai warnanya

Secara umum bunga ini kerap dilambangkan sebagai simbol kemurnian dan kepolosan. Tak heran jika banyak orang yang menganggap bunga ini sebagai simbolis untuk mengungkapankan perasaan karena tampilan bunganya yang menunjukkan ketulusan. Tak hanya itu, bunga ini memiliki tampilan yang sederhana sehingga sering kaitkan dengan kesederhanaan.

Tapi filosofi dan makna bunga daisy ternyata berbeda-beda. Hal ini tergantung pada warna bunganya, antara lain:

• Bunga daisy putih memiliki makna rasa cinta yang setia dan kepolosan.
• Daisy warna merah memiliki makna perasaan cinta dan kagum yang tersembunyi, kecantikan terselubung, ketulusan, dan kesederhanaan.
• Daisy oranye memiliki makna semangat, kehangatan, dan suka cita.

Video Terkait