Bunga Dandelion, Tanaman Liar Unik yang Hanya Mekar Saat Pagi Hari

Ilustrasi bunga dandelion (Wikimedia Commons)

Editor: Tanti Malasari - Kamis, 23 Juni 2022 | 19:35 WIB

Sariagri - Jenis bunga sangat beragam. Selain yang dipelihara, ada juga jenis bunga yang tumbuh subur secara liar tanpa ada perawatan khusus, seperti misalnya bunga dandelion. Meski begitu bunga ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri yang sangat memikat hati.

Fakta bunga dandelion

Dandelion banyak tumbuh liar di pinggir jalan, di halaman rumah, atau bahkan di ladang. Hal ini dikarenakan biji bunga ini sangat mudah tertiup angin dan bisa terbang mencapai 5 mil.

Biji ini kemudian mendarat di tanah dan dengan bantuan air hujan, ia bisa tumbuh subur di negara Indonesia. Berikut sejumlah fakta bunga dandelion yang perlu diketahui:

1. Memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki bunga lain

Bunga yang punya nama lain Randa tapak ini tergolon dalam genus Taraxacum dari famili Asteraceae. Ciri khusus dari tanaman ini, antara lain: memiliki bentuk batang yang kecil dan panjang, dan memiliki bunga dengan warna yang beragam tergantung jenisnya, seperti bunga dandelion ungu, kuning, dan sebagainya.

Tak hanya itu, dandelion juga memiliki kelopak unik, berbulu yang tipis dan mudah rontok.

2. Hanya mekar di pagi hari

Melansir My Dandelions Flowers, mengatakan bahwa dandelion hanya mekar saat pagi hari dan kembali layu di malam hari.

Bunga ini menjadi salah satu-satunya bunga yang mewakili 3 benda langit dari matahari, bulan, dan bintang. Bunga kuning menyerupai matahari, bola kepulan menyerupai bulan dan biji-bijian yang menyebar menyerupai bintang di angkasa.

3. Berasal dari daratan Eropa dan Asia

Menurut sejarah, dandelion berasal dari daratan Eropa dan Asia. Namun seiring banyaknya persebaran kini dandelion sudah banyak menyebar ke berbagai negara. Hal ini karena bunga ini bisa tumbuh dengan subur di mana-mana.

4. Memiliki arti dan makna

Selain unik dan indah, bunga ini ternyata memiliki arti dan makna tersendiri. Arti bunga dandelion cukup mendalam dan menyentuh hati, sehingga orang-orang sering mengaitkan kehidupannya dengan bunga ini.

Adapun makna bunga dandelion adalah mengajarkan tentang kehidupan. Seperti yang diketahui, bunga ini bisa tumbuh dimana saja, karena bunganya terbang mengikuti arah angin hingga mendarat di suatu tempat pun mengajarkan bahwa dalam hidup orang harus mengikuti alurnya dan tetap kuat meskipun sudah terseok-seok.

Batang dandelion juga dianalogikan bahwa dalam keadaan tersulit pun harus tetap bertahan hidup dan jangan mudah menyerah. Karena kesuksesan membutuhkan proses.

Jika disimpulkan dandelion mengajarkan kita untuk bersikap berani, optimis, dan beradaptasi dengan lingkungan dalam menjalani kehidupan.

5. Filosofi bunga dandelion

Tidak hanya arti dan makna, bunga ini juga memiliki filosofinya sendiri. Adapun filosofi dari dandelion adalah pengharapan, cinta, kebahagiaan, keceriaan, dan juga kesetiaan.

Baca Juga: Bunga Dandelion, Tanaman Liar Unik yang Hanya Mekar Saat Pagi Hari
Bunga Rosella Miliki Beragam Manfaat, Begini Cara Mengonsumsi dan Mendapatkannya

Berkat filosofi dari bunga unik ini, menjadikannya sangat identik dengan petuah-petuah tentang kehidupan.

Manfaat dandelion

Tahukah kamu dalam setiap bagian dari dandelion ternyata memiliki manfaat, mulai dari akar, daun serta bunganya. Semua bagian itu banyak digunakan sebagai bahan olahan makanan, minuman serta pewangi dan pewarna, yang bermanfaat bagi kesehatan.

Beberapa masalah kesehatan yang bisa diobati dengan dandelion adalah sebagai berikut:

1. Menangkal radikal bebas
2. Menurunkan kolesterol
3. Mengatur kadar gula dalam darah
4. Mengurangi peradangan
5. Menurunkan tekanan darah
6. Membantu penurunan berat badan
7. Mengurangi risiko kanker
8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
9. Melancarkan pencernaan
10. Menjaga kesehatan kulit