Serupa Tapi Tak Sama ,Ini Beda Tanaman Pothos dan Philodendron

Tanaman Hias Pothos. (Ist)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 23 Juni 2022 | 20:20 WIB

Sariagri - Beberapa orang cukup sulit membedakan tanaman hias pothos dan philodendron, keduanya memiliki bentuk yang mirip. Namun sebetulnya bisa dibedakan dari bentuk, tekstur hingga tangkai daunnya.

Bukan tanpa alasan saat seseorang merasa kesulitan membedakan tanaman pothis dengan philodendron. Pasalnya ada banyak jenis pothos dan philodendron yang terlihat mirip satu sama lain. Namun keduanya bisa dibedakan dari pola daun satin pothos yang membuatnya lebih mudah dikenali. 

Berikut perbedaan tanaman hias Pothos dan Philodendron, dilansir dari The Spruce:

1. Taksonomi

Dilihat dari segi taksonomi yaitu dari genus dan famili tanaman pothos dan philodendron berada dalam genus yang terpisah. Dimana pothis termasuk ke dalam genus epipremnum sedangkan philodendron termasuk ke dalam genus philodendron. Meski begitu mereka masih berada di bawah keluarga yang sama, yaitu tanaman aroid atau araceae. 

2. Bentuk dan tekstur daun

Salah satu cara termudah untuk membedakan pothis dan philodendron adalah dari daunnya. Beberapa tanaman philodendron seperti philodendron heartleaf memiliki daun berbentuk hati dan memiliki tekstur lembut. Berbeda dengan pothos jenis lain yang memiliki daun yang lebih tebal dan berlilin.

Sedangkan pothos jenis heartleaf memiliki pangkal daun yang relatif lurus. Jika diambil keduanya akan terlihat perbedaanya dari pangkal daun, dimana pangkal daun pothos akan lurus sementara philodendron heartleaf akan berbentuk hati.

3. Kebiasaan tumbuh dan daun baru

Cara lainnya untuk membedakan antara pothis dengan philodendron adalah dengan mencari keberadaan katafil. Pada tanaman philodendron ketika daun baru tumbuh akan muncul katafil atau daun kecil yang membungkus daun yang baru tumbuh. Sementara pada tumbuhan pothis saat baru tumbuh daun tidak muncul katafil, melainkan pothos akan tumbuh dan membentang dari daun sebelumnya.

4. Perawatan

Harus diakui bahwa pothos dengan philodendron memiliki persamaan yaitu mudah dalam perawatannya dari segi cahaya, tanah, air hingga suhu. Hanya ada perbedaan kecil di antara keduanya. Philodendron dan pothos sama-sama bisa mentolerir cahaya rendah namun philodendron lah yang lebih bisa tahan dengan minim cahaya. Selain itu, pothos lebih menyukai suhu yang lebih tinggi dibanding dengan philodendron.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama ,Ini Beda Tanaman Pothos dan Philodendron
5 Tanaman yang Mampu Menghasilkan Oksigen di Malam Hari, Bisa Bantu Tidur Lebih Nyenyak

5. Akar udara dan tangkai daun

Cara membedakan tanaman pothos dengan philodendron adalah dari akar udara dan tangkai daun. Tanaman pothis hanya memiliki satu akar udara yang lebih besar dibanding philodendron. 

Sementara pada tangkai daun yang menghubungkan daun dengan batang utama tumbuhan. Pada tanaman pothis memiliki tangkai daun yang menjorok ke arah batang yang disambungkan, sedangkan philodendron memiliki tangkai yang membulat penuh. 

Video Terkait