Ragam Manfaat Buah Plum, yang Langsingkan Tubuh Hingga Atasi Osteoporosis

Ilustrasi buah plum (Pixabay)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 24 Juni 2022 | 13:00 WIB

Sariagri - Buah plum adalah salah satu buah yang kaya nutrisi. Di dalamnya terkandung banyak vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.

Secara keseluruhan, kandungan vitamin dan mineral dari satu porsi plum dan plum sedikit berbeda. Plum mengandung lebih banyak vitamin K, vitamin B dan mineral. Selain itu, plum lebih tinggi kalori, serat dan karbohidrat.

Manfaat buah plum untuk kesehatan

Beberapa manfaat buah plum diantaranya yaitu mengurangi penyakit kronis seperti sembelit dan osteoporosis. Berikut manfaat buah plum yang perlu kamu ketahui:

1. Meredakan Sembelit

Plum mengandung serat yang tinggi, sehingga tidak heran jika buah ini dapat membantu mengatasi sembelit. Dalam satu buah plum sendiri mengandung 1 gram serat. Serat dalam plum sebagian besar tidak larut, yang berarti tidak menyatu dengan air.

Plum juga mengandung sorbitol, yang merupakan gula alkohol dengan efek pencahar alami. Mengonsumsi plum telah terbukti lebih efektif untuk mengobati sembelit daripada banyak jenis obat pencahar lainnya, seperti psyllium, yang merupakan jenis serat yang sering digunakan untuk menghilangkan sembelit.

Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 2 ons (50 gram) buah plum setiap hari selama tiga minggu melaporkan konsistensi dan frekuensi tinja yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok yang mengonsumsi psyllium.

Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi terlalu banyak plum juga berdampak buruk sekaligus dapat menyebabkan efek yang tidak diinginkan, seperti diare. Untuk mencegah hal ini terjadi, yang terbaik adalah tetap dengan porsi 1/4-1/2 cangkir (44-87 gram) per hari.

2. Mengatasi Peradangan

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, buah ini kaya akan antioksidan. Antioksidan ini mampu mengatasi peradangan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan polifenol di dalamnya memiliki efek positif pada kesehatan tulang dan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Faktanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa buah plum mengandung lebih dari dua kali jumlah antioksidan polifenol dibandingkan buah-buahan populer lainnya, seperti nektarin dan buah persik.

3. Menurunkan Gula Darah

Plum memiliki karbohidrat yang cukup tinggi, namun buah tersebut tidak menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang substansial setelah dimakan. Hal Ini dikaitkan dengan potensi mereka untuk meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan dalam pengaturan gula darah.

Selain itu, serat dalam buah plum mungkin ikut bertanggung jawab atas efeknya pada gula darah. Serat memperlambat laju penyerapan karbohidrat oleh tubuh setelah makan, menyebabkan gula darah meningkat secara bertahap, bukannya melonjak.

Dengan mengonsumsi buah-buahan seperti plum dan plum dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah. Kamu bisa mengonsumsi buah plum baik langsung atau dikeringkan. Namun ingat, untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Tahukah kamu plum juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Beberapa penelitian telah menghubungkan konsumsi plum dengan penurunan risiko kondisi tulang yang melemahkan seperti osteoporosis dan osteopenia, yang ditandai dengan kepadatan tulang yang rendah.

Plum tidak hanya terbukti mencegah keropos tulang, buah ini juga berpotensi membalikkan keropos tulang yang telah terjadi. Kandungan antioksidan dan kemampuannya untuk mengurangi peradangan dianggap berperan dalam meningkatkan kesehatan tulang.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi plum dapat meningkatkan kadar hormon tertentu yang terlibat dalam pembentukan tulang. Plum juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang memiliki efek pelindung tulang, termasuk vitamin K, fosfor, magnesium, dan kalium.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi plum secara teratur dapat memiliki efek perlindungan pada kesehatan jantung. Dalam sebuah penelitian, subjek yang minum jus plum dan makan tiga atau enam buah tersebut setiap pagi selama delapan minggu dibandingkan dengan kelompok yang hanya minum segelas air saat perut kosong.

Baca Juga: Ragam Manfaat Buah Plum, yang Langsingkan Tubuh Hingga Atasi Osteoporosis
5 Khasiat Tak Terduga Buah Lobi-lobi untuk Kesehatan Tubuh

Mereka yang mengonsumsi plum memiliki tingkat tekanan darah, kolesterol total, dan kolesterol LDL "jahat" yang secara signifikan lebih rendah daripada kelompok yang minum air.

Studi lain menemukan bahwa pria yang telah didiagnosis dengan kolesterol tinggi memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah setelah mengonsumsi 12 buah plum setiap hari selama delapan minggu.

Video Terkait