6 Lokasi Terbaik untuk Melihat Bunga Rafflesia di Indonesia

Tumbuhan dengan bunga terbesar di dunia adalah tumbuhan endemik Indonesia, Rafflesia arnoldii. Pada 4 Januari 2020 kemarin, ditemukan bunga Rafflesia arnoldii yang mekar dengan diameter hampir 1,2 meter. Besar banget, ya! (harvardmagazine.com)

Editor: Tanti Malasari - Jumat, 24 Juni 2022 | 16:45 WIB

Sariagri - Nama Rafflesia arnoldii sangat dikenal di Nusantara. Tumbuhan yang satu ini menjadi padma raksasa yang merupakan tumbuhan parasit obligat yang tumbuh pada tumbuhan merambat (liana).

Berdasarkan penelitian, tumbuhan ini pertama kali ditemukan pada 1818. Namun kini populasinya terancam punah dan menjadi salah satu puspa langka dari tiga bunga nasional Indonesia.

Meski begitu, masih ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk melihat tumbuhan raksasa ini.

Lokasi rafflesia di Indonesia

1. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman yang berada di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 19, Kota Agung Tanggamus ini, telah ditetapkan sebagai pusat konservasi tumbuhan rafflesia. Terdapat empat hingga lima rafflesia yang mekar secara bersamaan.

Fase pertumbuhan bunga membutuhkan waktu sembilan bulan. Namun, masa mekarnya hanya 5-7 hari, lalu akan layu dan mati.

2. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor menjadi salah satu lokasi lain yang memiliki bunga bangkai. Menurut para peneliti, bunga ini memerlukan banyak energi, dan lingkungan yang baik untuk mekar. Selain rafflesia, ada 10 jenis bunga bangkai endemik Sumatera lainnya, seperti titanum, gigas, moeleri, dan variabilis.

3. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman ini menjadi taman nasional terbesar di Sumatera yang memiliki luas wilayah sekitar 13,75 ribu kilometer persegi. Taman nasional ini setidaknya memiliki sekitar 4.000 spesies tumbuhan, termasuk rafflesia arnoldi dan bunga tertinggi di dunia, titan arum.

4. Pusat Pelatihan Gajah Seblat

Lokasi ini sebenarnya masih menjadi bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat. Meski lokasi ini digunakan untuk melatih dan membantu proses perkembangbiakan gajah-gajah liar Sumatera.

Namun disana kamu juga bisa melihat habitat rafflesia. Bunga ini biasanya mekar pada bulan Maret hingga November. Proses mekarnya bisa mencapai diameter 1,5 meter.

5. Hutan Kaur

Selanjutnya ada Hutan Kaur. Hutan ini merupakan salah satu hutan tropis di Kecamatan Padang Guci, yaitu sekitar 200 kilometer dari Bengkulu. Di hutan ini kamu bisa melihat dua jenis bunga rafflesia yang langka, yakni rafflesia bengkuluensis dan rafflesia arnoldii.

Disana juga terdapat Komunitas Pemuda Padang Guci Peduli Puspa Langka yang berpartisipasi dalam memantau habitat bunga raksasa tersebut. Saat berada disana, kamu akan disediakan pemandu untuk menikmati keindahan rafflesia bengkuluensis, yang memiliki diameter sekitar 50-55 sentimeter.

Baca Juga: 6 Lokasi Terbaik untuk Melihat Bunga Rafflesia di Indonesia
9 Fakta Bunga Raflesia Arnoldii, Flora Terbesar yang Ada di Dunia

6. Cagar Alam Bukit Bungkuk

Lokasi terakhir, ada Cagar Alam Bukit Bungkuk. Cagar seluas 12 ribu hektare ini, berada di kawasan konservasi Pulau Berkey, Riau. Dalam cagar ini terdapat bunga bangkai tertinggi di dunia

Perlu kamu ketahui, 13 September 2017, bunga bangkai raksasa yang berjenis amorphopallus giga memiliki ketinggian mencapai 4,3 meter. Selain itu, ada dua bunga bangkai lainnya setinggi 3,1 meter dan 3,3 meter.

Video Terkait