Intip 5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah, Bisa untuk Anti-aging!

Ilustrasi Tomat (Pixabay)

Editor: Putri - Jumat, 24 Juni 2022 | 17:50 WIB

Sariagri - Sudah banyak yang mengetahui bahwa tomat adalah sumber berbagai vitamin, yaitu vitamin C, vitamin A juga vitamin B-1, B-3, B-5, dan B-6. Selain itu, tomat juga mengandung antioksidan seperto beta karoten, lutein, likopen, magnesium, kalium.

Kandungan likopen yang dimiliki tomat mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, seperti mencegah risiko penyakit jantung dan kanker. Lycopene memberi tomat warna merah khas mereka dan melawan aksi radikal bebas dalam tubuh.

Tingginya persentase nutrisi yang ada di dalamnya membuat tomat sangat baik untuk kulit. Jika kamu ingin merawat kulit secara alami, tomat adalah pilihan yang tepat. 

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat untuk kulit wajah. 

1. Anti-Aging

Jumlah antioksidan yang tinggi dalam tomat berkontribusi untuk memudarkan garis-garis halus dan kerutan. Hal tersebut memberikan efek anti penuaan pada kulit.

2. Mencerahkan Kulit

Banyaknya antioksidan dan vitamin C yang terkandung dalam tomat dapat memutihkan wajah sebagai zat pemutih alami. Mengonsumsi tomat membuat kulit lebih cerah dan bercahaya sekaligus mengurangi pigmentasi, kusam dan bintik hitam. 

3. Membuat Kulit Kenyal

Tomat dapat merangsang pembentukan kolagen dan elastin, sehingga menjaga elastisitas kulit dan membuat wajah lembut serta bebas dari kerutan di wajah. 

4. Mengurangi Timbulnya Jerawat 

Bagi kamu yang mencari solusi alami dan bebas bahan kimia untuk menyembuhkan jerawat, kamu bisa gunakan tomat. Keasaman jus tomat membantu jerawat pergi, karena bubur tomat bersifat antibakteri dan antijamur.

Seperti disebutkan sebelumnya tomat kaya akan vitamin A dan vitamin C. Dua kandungan tersebut berguna untuk menyembuhkan wajah dari jerawat.

5. Mengurangi Minyak dan Komedo pada Wajah 

Secara alami tomat bersifat asam, oleh sebab itu dapat menyeimbangkan tingkat ph kulit dan memerangi produksi minyak berlebih oleh kelenjar sebaceous. Selain itu tomat dapat mengangkat kotoran pada wajah sehingga mencegah timbulnya komedo.

Baca Juga: Intip 5 Manfaat Tomat untuk Kulit Wajah, Bisa untuk Anti-aging!
6 Sayuran Ini Lebih Baik Dimasak Sebelum Dikonsumsi

Jadi, menggunakan tomat sebagai masker di wajah sangat bagus untuk menyeimbangkan kulit berminyak.

6. Mengencangkan Pori-pori Kulit

Jus tomat bisa menjadi zat alami untuk menyempitkan pori-pori yang lebar serta menghambat akumulasi kotoran dan minyak. Oleh karena itu, mengoleskan jus tomat pada wajah sangat baik untuk mengecilkan pori-pori dan memberikan warna kulit yang merata.

7. Mengobati Kulit yang Terbakar

Vitamin dalam tomat dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari dengan mengembalikan sel-sel kulit mati. Selain itu, tomat juga dapat melakukan pemulihan cepat untuk kulit kemerahan dan peradangan.

Video Terkait