2 Tanaman Ini Mampu Tumbuh Subur di Tanah Terkontaminasi Tembaga Berat

Ilustrasi bunga zinia. (Istimewa)

Editor: M Kautsar - Minggu, 26 Juni 2022 | 19:30 WIB

Sariagri - Tanaman hias bunga zinnia dan tembakau menjadi tanaman yang mampu beradaptasi di tanah yang tercemar logam tembaga. Hal itu diungkapkan dalam studi para ilmuwan dari Ural Federal University yang terbit di jurnal Horticulturae.

"Tanaman dari famili Asteraceae dan nightshade yaitu zinnia dan tembakau adalah tembaga eksklusif, sistem perakaran mereka melakukan fungsi mengakumulasi tembaga di tanah," kata Anastasia Tugbaeva salah satu peneliti yang terlibat dikutip Phys.

Bahkan dalam studi tersebut, bunga zinnia dapat tumbuh dan berbunga lebih cepat di tanah yang terkontaminasi tembaga dibandingkan tanah murni yang bebas kontaminasi tembaga. Selain itu, peneliti juga mendapati tanaman tembakau di tanah terkontaminasi kandungan tembaga yang tinggi dapat tumbuh sebanding dengan tanaman kontrol di tanah yang murni.

"Kami melakukan percobaan selama 20, 40, dan 60 hari menggunakan substrat yang kandungan tembaga sulfatnya bahkan bisa melebihi kandungan yang ada di tanah perkotaan," kata Anastasia Tugbaeva.

Baca Juga: 2 Tanaman Ini Mampu Tumbuh Subur di Tanah Terkontaminasi Tembaga Berat
Australia Temukan Fosil Buah Berusia 30 Juta Tahun



Tanah yang terkontaminasi tembaga tidak hanya berbahaya sebagai zat beracun tetapi juga dapat masuk ke tubuh manusia bersama dengan makanan. Selain itu juga menjadi sumber polusi sekunder ada lapisan udara di permukaan.

Kehadiran logam berat di dalam tanah menyebabkan keterbatasan lahan pertanian, penurunan hasil panen dan produktivitas tanaman. Zinnia dianggap dapat digunakan sebagai lanskap di tanah perkotaan yang pada umumnya terkontaminasi logam berat, dan tembakau juga dapat digunakan sebagai tanaman pertanian dan pupuk yang berguna di lahan perkotaan.

Video Terkait